Tim Kesehatan Hewan Kurban Temukan Kasus Cacing Hati di Kota Banjar

Budiana Martin
Tim Kesehatan Hewan Kurban Temukan Kasus Cacing Hati di Kota Banjar. Foto: Istimewa

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id - Tim kesehatan hewan kurban dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Banjar menemukan beberapa kasus cacing hati (fasciolosis) pada sapi kurban di wilayahnya.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan, ada dua sapi kurban yang mengandung cacing hati," kata Kepala Bidang Peternakan DKP3 Kota Banjar, Yadi Mulyadi, Senin (17/6/2024).

Hewan kurban yang ditemukan mengandung cacing hati disembelih di wilayah DKM Al-Ikhlas Parungsari dan DKM At-Taubah, Kelurahan Bojongkantong, Kota Banjar.

Untuk mengatasi masalah tersebut, petugas menyarankan panitia kurban memisahkan organ hati yang terinfeksi agar tidak tercampur dengan daging kurban yang akan dibagikan kepada warga.

Menurut Yadi, meskipun hewan kurban mengandung cacing hati, dagingnya tetap aman untuk dikonsumsi asalkan organ hati yang terinfeksi dipisahkan. 

"Cacing hati menempel pada organ hati sapi. Tinggal disayat dan dipisahkan. Setelah dipisahkan, daging kurban bisa dibagikan ke masyarakat dan aman untuk dikonsumsi," ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network