Tanah Longsor Terjadi di 3 Lokasi di Desa Sindangsari Ciamis, Saluran Irigasi Tertimbun

Andri M Dani
Tanah Longsor Terjadi di 3 Lokasi di Desa Sindangsari Ciamis, Saluran Irigasi Tertimbun. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Hujan deras yang mengguyur wilayah Ciamis sejak Jumat (24/5/2024) sore hingga malam, menyebabkan tanah longsor di tiga lokasi di Desa Sindangsari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Lokasi yang terdampak adalah Dusun Setimulya, Dusun Kalapanunggal, dan Dusun Sindangsari.

Di Dusun Setiamulya, RT 39, RW 15, sebuah tebing longsor menimbun saluran air dan halaman rumah warga sekira pukul 19.00 WIB. Air dari saluran yang tersumbat material longsor meluap ke pemukiman warga, sehingga sempat memutus akses jalan kampung.

Untuk memperlancar aliran air dari saluran irigasi, warga bergotong royong menghilangkan material longsor. Mereka juga membutuhkan pipa paralon berdiameter 6 inci sebanyak 10 batang serta terpal untuk menutup bekas longsor.

Di Blok Limus Piit, RT 31, RW 12, Dusun Kalapanunggal, tebing longsor menutup saluran irigasi yang memasok air untuk dua dusun. Akibatnya, pasokan air untuk kolam dan sawah warga terganggu. Warga memerlukan bronjong dan evakuasi puing longsor untuk memulihkan kondisi tersebut.

Sekira pukul 21.00 WIB, pada Jumat (24/5/2024) malam, longsor susulan terjadi di Dusun Sindangsari, RT 43, RW 17. Material longsor menutup akses jalan gang dan mengancam satu rumah warga yang berada di atas tebing. 

Rumah milik Iyan, yang dihuni oleh tiga orang terancam longsor dan perlu dibangun TPT (Tembok Penahan Tanah).

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network