Banjir Sukaresik Tasikmalaya, Bencana Hidrometeorologi Rutin Akibat Curah Hujan Tinggi

Firman Suryaman
Banjir Sukaresik Tasikmalaya, Bencana Hidrometeorologi Rutin Akibat Curah Hujan Tinggi. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin, mengungkapkan, banjir yang melanda wilayah Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, merupakan banjir rutin yang datang setiap curah hujan tinggi.

"Banjir yang melanda Tanjungsari ini akibat intensitas curah hujan yang tinggi. Ini bencana banjir rutin, jika curah hujan tinggi ya banjir," ungkap Nuraedidin, saat ditemui di lokasi, Jumat (26/4/2024).

Penyebab banjir sendiri, lanjut Nuraedidin, akibat luapan dua sungai besar yang melintasi wilayah Desa Tanjungsari, yakni Sungai Cintanduy dan Cikidang. 

"Jika curah hujan tingggi, air kedua sungai itu meluap dan kemudian menggenangi sebagian besar wilayah Desa Tanjungsari," ungkap Nuraedidin.

Banjir kali ini, yang datang Kamis (25/4/2024) malam, melanda tiga kampung yakni Kampung Hegarsari, Mekarsari dan terparah melanda Kampung Bojongsoban. 

Ketinggian air di sejumlah titik di Kampung Bojongsoban hingga mencapai sepinggang bahkan sedada orang dewasa karena berada di dataran rendah.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network