Hilal Awal Ramadhan 1445 H Tidak Terlihat di Kota Banjar

Budiana Martin
Hilal Awal Ramadhan 1445 H Tidak Terlihat di Kota Banjar. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Ketua Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kota Banjar, Badar Ismail, mengumumkan bahwa hilal 1 Ramadhan 1445 Hijriah tidak teramati di titik Pusat Observasi Bulan (POB) Gunung Putri Lapas Banjar.

Informasi tersebut berdasarkan data perhitungan yang telah dilakukan tim BHRD Kota Banjar saat melakukan pengawasan hilal awal bulan Ramadhan 1445 Hijriah pada hari Minggu (10/3/2024).

"Data perhitungan ephemeris menunjukkan tinggi hilal pada kemarin sore sebesar 0 derajat 37 menit. Matahari terbenam pada pukul 18.20 WIB, sementara posisi hilal berada pada -4 derajat 37 menit di sebelah utara matahari terbenam," ungkap Badar kepada wartawan, Minggu (10/3/2024).

Dia menjelaskan, bahwa ketinggian hilal juga masih di bawah kriteria mabims, di mana tinggi bulan minimal harus mencapai 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

"Dari data perhitungan ephemeris, hilal 1 Ramadhan 1445 H tidak dapat terlihat selama pemantauan," katanya.

"Ketinggian hilal 0 derajat 37 menit, sehingga sulit teramati. Pemantauan di POB Gunung Putri Lapas Banjar akan dilakukan pada sore hari," tambah dia. 

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network