Keseruan Ngubyak Balong di Kampung Cibunar Ciamis, Tangkap Ikan dengan Tangan Kosong

Andri M Dani
Keseruan Ngubyak Balong di Kampung Cibunar Ciamis, Tangkap Ikan dengan Tangan Kosong. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Ratusan warga berkumpul di Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, pada hari Minggu (14/1/2024) siang untuk mengikuti acara seru bernama ngubyak balong atau menangkap ikan.

Mereka mengisi liburan akhir pekan dengan antusias. Tidak hanya menonton, tetapi warga juga aktif berpartisipasi dalam kegiatan tradisional ini. Baik pria, wanita, anak-anak, maupun ibu-ibu turut serta dalam serunya ngubyak balong, menunjukkan keahlian dan mencoba peruntungan menangkap ikan dengan tangan kosong (ngobeng).

"Dua kuintal ikan dilepas ke kolam tadi," kata Dadang, salah satu panitia ngobeng di Lembur Kaulinan Kampung Cibunar, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, seperti dikutip iNewsCiamisRaya.id pada Minggu (14/1/2024).

Dua kuintal ikan yang dilepas untuk ngobeng itu dibeli dari warga setempat yang memiliki kolam ikan. Berbagai jenis ikan seperti kancra (ikan mas), nila, nilem, dan yang paling banyak, ikan bawal air tawar, ikut dilepaskan.

Ikan yang dibeli dari warga kemudian dengan semangat ditangkap kembali oleh para warga, menjadikan acara ngobeng ini menjadi kegiatan yang menarik bagi semua orang.

Hiburan ngobeng dimulai pukul 13.00 WIB pada hari Minggu (14/01/2024) siang dan berakhir pukul 15.00 WIB sebelum waktu Salat Asar.

Sebelum tradisi ngobeng dimulai, acara dibuka dengan hiburan gebuk bantal di atas batang bambu di atas kolam.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network