Peringati WCD 2023, Ribuan Relawan di Kota Tasikmalaya Bersihkan Sampah di Sungai Cimulu

Kristian
Peringati WCD 2023, Ribuan Relawan di Kota Tasikmalaya Bersihkan Sampah di Sungai Cimulu. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Peringati Hari Kebersihan Sedunia atau Word Cleanup Day (2023), ribuan relawan dari berbagai kalangan di Kota Tasikmalaya membersihkan sampah di Bendungan Sungai Cimulu, Sabtu (23/9/2023).

Ribuan relawan dari komunitas pencinta lingkungan, instansi Pemerintahan Kota (Pemkot) Tasikmalaya, PSDA Sungai Citanduy, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat, turun ke sungai memungut sampah yang menggunung di Bendungan Sungai Cimulu, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya.

Ketua Pelaksana peringatan WCD 2023, Tegus Gusmara, mengatakan, kegiatan bersih-bersih yang dilakukan bersama ribuan relawan dari berbagai kalangan tersebut merupakan kegiatan kali kesekian dalam membersihkan sampah di sungai dan lingkungan.

"Alhamdulillah kita bisa melaksanakan kegiatan WCD 2023, dan hari ini ada yang berbeda, di mana tahun kemarin tersebar setiap kecamatan dan ada titik pusat yang diramaikan," kata Teguh.

Ia menyebut, ada sekitar 2.500 orang yang terlibat dalam WCD 2023. Kegiatan ini diawali dengan memungut sampah dari Taman Kota Tasikmalaya dan ruas-ruas jalan.

"Yang pertama kita melaksanakan cleanup, fogging, memungut sampah di area kota tasikmalaya, yang titik kumpulnya di tamkot. Lalu ke Sungai Cimulu ini untuk membersihkan sampah,” ujarnya.

Teguh menambahkan, kondisi bendungan yang dipenuhi dengan sampah menjadi keprihatinan para pecinta lingkungan. "Dan kita lihat kondisinga seperti ini, bendungan Cimulu ini sangat  jijik, sampah berserakan dimana-mana. Kami berinisiatif berawal dari sungai ini. Mudah-mudahan ke depan berjalan ke sungai sungai lainnya," tambah dia.

Teguh menyampaikan, sampah yang berhasil diangkat dari Sungai Cimulu akan ditimbang guna mengetahui volume sampah yang menumpuk di Sungai Ciwulan tersebut dan langsung dibuang ke TPA Ciangir.

"Kita akan buang ke TPA Ciangir, tapi kalau ada beberapa sampah yang bisa di daur ulang kita pisahkan," tandasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network