7 Fakta Rafael Alun yang Dipecat Sebagai ASN, dari Cara Gelapkan Uang hingga Rekening Diblokir PPATK

Febrina Ratna/Eni Pepin Lusiani
7 Fakta Rafael Alun yang Dipecat Sri Mulyani sebagai ASN dan Diperiksa KPK. Foto: MNC Media

4. PPATK Telah Blokir Puluhan Rekening Keluarga Rafael Alun

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah memblokir puluhan rekening keluarga Rafael Alun. Bahkan, PPATK juga memblokir rekening anak Rafael Alun, Mario Dandy Satrio dan istrinya, Ernie Meike Torondek.

Sebelumnya, PPATK telah memblokir rekening konsultan pajak yang terindikasi melakukan pencucian uang milik Rafael Alun.

5. KPK Kantongi 2 Nama Konsultan Pajak Rafael Alun

Senin lalu (6/3/2023) KPK mengaku telah mengantongi dua identitas dari konsultan pajak yang terkoneksi dengan Rafael Alun. Nama-nama tersebut didapat setelah KPK berkomunikasi dan bekerjasama dengan PPATK.

6. KPK Ikut Seret Rekan Rafael Alun di Ditjen Pajak

KPK akan segera mengumumkan satu nama pejabat Ditjen Pajak yang juga memiliki harta tak wajar. Pejabat ini merupakan rekan Rafael Alun.

Rafael Alun bersama rekannya ini bersama-sama membangun perusahaan yang disinyalir untuk menampung uang suap maupun gratifikasi.

Kedeputian Pencegahan KPK juga akan melakukan pemanggilan terhadap rekan Rafael Alun tersebut dan pejabat-pejabat lain yang termasuk ke dalam ‘geng’ tajir pejabat dengan harta fantastis sesegera mungkin.

KPK Berjanji Akan Bongkar Pola Transaksi Keuangan ‘Geng’ Tajir di Kemenkeu

KPK meminta waktu satu bulan kepada publik untuk membongkar pola transaksi yang dilakukan oleh ‘geng’ tajir di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Salah satu nama yang masuk dalam daftar ‘geng’ tajir Kemenkeu adalah Rafael Alun.

Kini KPK tengah memantau pola transaksi serta perolehan keuangan mereka. Namun, Pahala Nainggolan selaku Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK mengaku bahwa bukan hal sederhana untuk menyelidiki pola keuangan mereka. Sebab menurutnya, orang-orang ini sudah sangat paham dengan keuangan.

Artikel ini telah tayang di IDXChannel dengan judul " Tujuh Fakta Rafael Alun yang Dipecat Sri Mulyani sebagai ASN dan Diperiksa KPK "

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network