Jelang Ops Lilin Lodaya 2021, Satlantas Polres Tasikmalaya Kota Periksa Bus Antisipasi Kecelakaan

Asep Juhariyono
Jelang Ops Lilin Lodaya 2021, Satlantas Polres Tasikmalaya Kota Lakukan Pemeriksaan Armada Bus Antisipasi Kecelakaan. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.idSatlantas Polres Tasikmalaya Kota bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya melakukan pemeriksaan armada bus angkutan umum di 2 poll bus, Jumat (17/12/2021). 

Pemeriksaan armada bus angkutan umum tersebut dilaksanakan jelang pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2021 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Petugas gabungan dari Satlantas Polres Tasikmalaya Kota dan Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya memeriksa setiap bus yang akan melakukan perjalanan membawa penumpang ke luar kota. 

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan fisik kendaraan seperti kondisi ban, tekanan gas, wiper, lampu utama, lampu sen, stir atau kemudi, sistem pengereman, dan alat pemecah kaca. 

“Pemeriksaan atau ramcek armada bus ini rutin kita laksanakan terlebih saat menjelang pelaksanaan operasi seperti Operasi Patuh, Operasi Zebra, dan Operasi Lilin yang akan berlangsung akhir bulan ini,” ujar Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota Iptu E Kosasih SH, MH seusai pemeriksaan armada bus di Poll Primajasa, Jalan RE Marthadinata. 

Selain pemeriksaan fisik kendaraan, dikatakan E Kosasih, pihaknya juga memeriksa kondisi kesehatan para sopir dengan bekerjasama dengan petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dan Puskesmas Parakannyasag. 

“Kita juga lakukan tes urin bagi para sopir untuk mencegah penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang psikotropika,” kata dia. 

E Kosasih menjelaskan, pihaknya juga memeriksa kelengkapan administarasi kendaraan dan sopir, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), surat trayek, serta Surat Izin Mengemudi (SIM). 

“Alhamdulillah dari hasil pemeriksaan terhadap kendaraan dan para sopir, semuanya dalam kondisi baik dan laik jalan. Hasil tes urin para sopir juga semuanya negatif,” ungkap E Kosasih.

Ia menambahkan, sehari sebelumnya pihaknya juga melakukan hal serupa yakni pemeriksaan armada bus dan para sopirnya di poll bus Budiman di Jalan Ir H Djuanda, Kota Tasikmalaya. 

“Hasilnya juga baik dan bus laik jalan. Ya kalau ada bus yang memang tidak laik jalan kita minta untuk diperbaiki dulu sebelum berangkat karena itu membahayakan bisa menyebabkan kecelakaan,” tegasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network