SMKN Manonjaya Gelar Gebyar Inovasi Teknologi Mobil Listrik Ramah Lingkungan

Asep Juhariyono
SMKN Manonjaya Gelar Gebyar Inovasi Teknologi Mobil Listrik Ramah Lingkungan. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Manonjaya gelar gebyar inovasi teknologi mobil listrik, Minggu (5/12/2021). 

Gebyar inovasi teknologi dilaksanakan di SMKN Manonjaya dengan materi yang disampaikan motor dan mobil listrik, jaringan internet gerbang desa, aplikasi layanan desa juara, dan modul pembelajaran birokrasi desa. 

Kepala SMKN Manonjaya Junjun Nugraha mengatakan, gebyar inovasi teknologi ini merupakan inovasi dari sekolah yang diperkenalkan kepada masyarakat. 

“Ini adalah bagaimana inovasi kami diperkenalkan kepada masyarakat yaitu dengan melalui Gebyar inovasi teknologi yang salah satunya tadi sampaikan bahwa ada mobil listrik dan motor hybrid,” ujar Junjun.

Kata dia, di samping itu ada juga aplikasi layanan desa untuk pembelajaran tentang lokasi desa dan mengenalkan kepada masyarakat serta warga sekitar pendidikan maupun kepada pemerintah.

“SMK Negeri Manonjaya itu melakukan inovasi-inovasi untuk mendukung adaptasi terhadap era mobil listrik atau tenaga listrik maupun terhadap era teknologi informasi yang semakin berkembang ke depan,” ucapnya. 

Menurut Junjun, saat ini pihaknya konsen terhadap pengembangan pembuatan mobil listrik. Untuk membangun dan merakit mobil listrik dibutuhkan biaya sekitar Rp65 juta. 

“Kalau untuk waktu butuh sekitar 3 bulan. Itu juga kepotong dengan kegiatan lain,” ungkapnya. 

Jujun menyebut, dalam pengerjaan mobil listrik di sekolahnya dilakukan oleh para guru dan murid secara kerjasama. Jika fokus dalam pengerjaannya, setidaknya butuh waktu sekitar sebulan untuk membangun mobil listrik. 

“Di erat digitalisasi maupun komputerisasi ini, kami berusaha menyiapkan sumber daya manusia khususnya anak-anak didik agar paham tentang mobil listrik sehingga nanti bisa merawatnya dan memperbaikinya. 

Ini tentunya akan menjadi lada pekerjaan ke depannya,” kata dia. 

Junjun berharap timnya terus berinovasi dan menggali pengetahuan tentang mobil listrik sehingga ke depan SMKN Manonjaya menjadi sekolah unggulan, istimewa dan memberikan manfaat bagi masyarakat. 


SMKN Manonjaya Gelar Gebyar Inovasi Teknologi Mobil Listrik Ramah Lingkungan. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono)

Gebyar inovasi teknologi SMKN Manonjaya ini turut dihadari oleh Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum. 

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh SMK di Jabar salah satunya SMKN Manonjaya yang telah mengerti isyarat pimpinan Provinsi Jabar yakni Gubernur Ridwan Kamilm yakni ingin masyarakat Jabar beralih dari kendaraan yang menggunakan BBM ke kendaraan berenergi listrik. 

“Kendaraan berenergi listrik ini adalah kendaraan masa depan karena ini ramah lingkungan,” ujar Uu. 

Ia menuturkan, beberapa manfaat yang akan dirasakan bagi masyarakat yang memiliki kendaraan roda empat ataupun roda dua memakai energi listrik di antaranya irit biaya dan juga tidak bising.

“Saya berharap bukan hanya SMKN Manonjaya yang mampu membuat produk kendaraan mobil listrik ataupun hybrid, tapi SMK-SMK yang lain juga yang ada di Jawa Barat, sehingga nantinya bertahap semua pakai mobil listrik,” kata dia.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network