get app
inews
Aa Read Next : Pantai Pangandaran dan Taman Safari Jadi Destinasi Wisata Favorit di Jawa Barat Selama Libur Lebaran

Polisi Tindak Pungli Premanisme demi Kenyamanan Warga dan Wisatawan Pangandaran

Rabu, 06 Oktober 2021 | 16:48 WIB
header img
Satpolair Polres Ciamis berpatroli memberantas aksi premanisme di kawasan Objek Wisata Pangandaran pada Rabu (6/10/2021). (Foto: iNewsTasikmalaya/Irfan Ramdiansyah)

PANGANDARAN, INews.id - Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Ciamis melakukan patroli rutin pemberantasan aksi premanisme di Kawasan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pantai Barat Kabupaten Pangandaran, Rabu (6/10/2021).

Kegiatan ini menyasar beberapa tempat di wilayah Pantai Pangandaran yang selama ini rawan aksi premanisme kepada para pedagang atau wisatawan di objek wisata tersebut.

Kepala Satpolair Polres Ciamis AKP Sugianto mengatakan, patroli berantas premanisme ini merupakan perintah langsung Kapolri untuk mengantisipasi aksi pidana pungutan liar (pungli) yang dilakukan setiap harinya.

"Ini dilakukan sesuai dengan perintah Kapolri kepada jajaran di bawahnya mulai dari Polda, Polres hingga jajaran paling bawah untuk berantas preman yang selama ini meresahkan masyarakat. Patroli ini kami lakukan secara preventif agar tidak meresahkan warga maupun nelayan di sekitar kawasan PPI Cikidang, Pangandaran," jelas Sugianto kepada iNewsTasikmalaya di lokasi patroli, Rabu sore.

Sugianto menambahkan, dengan patroli ini diharapkan akan memberikan rasa aman dari tindak premanisme bagi warga dan wisatawan.

Sehingga, mereka bisa melaksanakan aktivitasnya dengan tenang, aman dan nyaman saat berada di kawasan Pantai Pangandaran.

"Di wilayah Pangandaran khususnya kawasan wilayah perairan Satpol Air Polres Ciamis tidak ada yang namanya pungli, baik di pelabuhan maupun tempat pelelangan ikan. Kami harapkan situasi seperti ini dapat terus ditingkatkan sehingga masyarakat dapat merasa nyaman," ujar dia.

Satpolair pun bersama petugas Kepolisian lainnya akan terus melaksanakan patroli ini secara masif untuk menindak segala aksi premanisme.

Masyarakat pun diminta untuk bekerjasama dengan melaporkan jika menemukan aksi premanisme di lingkungan sekitarnya.

"Kami juga sudah meminta masyarakat Pangandaran untuk bekerjasama aktif melaporkan jika menemukan aksi premanisme di lingkungannya masing-masing," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut