get app
inews
Aa Read Next : Gerindra dan Nasdem Kabupaten Tasikmalaya Koalisi untuk Pilkada 2024

Bakso Aci Galunggung, Empuk di Lidah dan Gurih

Sabtu, 02 Oktober 2021 | 19:12 WIB
header img
Bakso Aci Galunggung (Foto: iNeswsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id - Tasikmalaya, selain terkenal dengan julukan kota santri, Tasikmalaya juga terkenal dengan kota kuliner. Beragam jenis kuliner mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner modern ada di Tasikmalaya. 

Bakso dapat dengan mudah ditemukan di Tasikmalaya, baik di perkampungan, di perkotaan, maupun di tempat wisata. 
Bakso merupakan salah satu kuliner yang banyak diminati oleh masyarakat. 

Kuliner yang satu ini terbuat dari campuran daging, baik sapi, atau ayam yang dicampur dengan terigu, dan kemudian ditambahkan bumbu. 

Beragam jenis bakso ditawarkan para pedagang seperti bakso urat, bakso halus, maupun bakso aci. Bakso aci hampir sama dengan bakso lainnya. Hanya saja bahan pencampur dagingnya bukan dari tepung terigu biasa, tapi menggunakan tepung aci, sehingga dinamakan bakso aci. 

Bagi para pemburu kuliner terutama bakso, dan kebetulan sedang berada di tempat wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya, tidak ada salahnya untuk mencoba Bakso Aci Galunggung yang merupakan bakso aci khas dari Galunggung.

Untuk menikmati bakso aci Galunggung, bisa langsung datang ke kawasan objek wisata Gunung Galunggung tepatnya di sekitar areal parkir tangga biru yang menuju kawah. 

Kios bakso aci Galunggung berada di tengah deratan para pedagang, dan sangat mudah ditemukan karena hanya satu-satunya kios bakso di areal tangga biru.

Owner bakso aci Galunggung Yaya Sutia mengatakan, bakso yang diproduksinya nyaris sama dengan bakso lainnya. Namun, bakso aci Galunggung ini dikemas dalam kemasan plastik sehingga bisa dibawa pulang dan tinggal diseduh di rumah. 

“Kalau ada yang mau makan di tempat kita layani. Tapi untuk oleh-oleh juga bisa dan bisa bertahan hingga berminggu-minggu asal disimpan di freezer,” ujar Yaya, Sabtu (2/10/2021). 

Ia menuturkan, dalam satu kemasan bakso aci Galunggung berisi bakso aci 4 buah, bakso sapi 2 buah, siomay kering, pangsit, pilus, jeruk nipis, batagor, dan bumbu serta sambal aida. 

Untuk harga bakso aci Galunggung ini ada 3 harga, yakni Rp8 ribu untuk kemasan kecil, Rp14 ribu kemasan sedang, dan Rp15 ribu kemasan besar. 
“Saya jual baksi aci ini secara langsung dengan membuka kios di kawasan objek wisata Gunung Galunggung dan secara online mamanfaatkan media social,” ucapnya. 

Ia menjelaskan, untuk memasak bakso aci Galunggung cukup 5 menit sampai 10 menit sama seperti memasak mie intans. 

“Masaknya gampang, tinggal masukan bakso dan campuran lainnya ke air yang mendidih. Setelah matang tinggal tuangkan ke mangkuk dan kasih bumbu yang sudah disediakan dalam setiap kemasan,” jelas Yaya. 

Salah seorang pembeli bakso aci Galunggung, Ika (32) warga Cipedes, Kota Tasikmalaya, mengatakan, bakso aci Galunggung sangat empuk saat digigit dan dagingnya terasa lembut. 

“Baru nyoba sih. Saya emang suka makan bakso. Penasaran juga dengan bakso aci Galunggung, ternyata rasanya enak juga gurih,” kata Ika. 

Ia mengaku, selain makan langsung bakso aci Galunggung di kiosnya, ia juga membeli beberapa bungkus untuk di makan di rumah. 

“Iya nih beli juga untuk yang di rumah. Harganya ya wajarlah dengan rasanya yang enak,” ucapnya. 

Bagi Anda yang penasaran dengan rasa dan nikmatnya bakso aci Galunggung, langsung datang saja ke kawasan objek wisata Gunung Galunggung. 

Bakso aci Galunggung cocok juga buat dijadikan oleh-oleh dan bekal makanan pada saat camping di Kawah Gunung Galunggung.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut