get app
inews
Aa Read Next : Open Bidding Jadi Alasan Ruhimat Berencana Maju dalam Pilkada Kota Banjar 2024

Bupati Ciamis Sarankan ASN Beli Telur Peternak Lokal

Jum'at, 01 Oktober 2021 | 18:39 WIB
header img
Peternak ayam petelur. (Ist)

CIAMIS, iNews.id - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayahnya untuk membeli telur ayam ras milik peternak lokal. Langkah ini dilakukan sebagai salah satu upaya membantu peternak yang kini tengah mengalami anjloknya harga jual di pasaran. 

"Saya imbau para ASN membeli telur lokal peternak Ciamis. Ini bisa membantu peternak yang sedang mengalami anjloknya harga," kata dia, Jumat (1/10/2021).

Herdiat mengaku prihatin dengan kondisi anjloknya harga telur ayam ras saat ini. Padahal, kata dia, Ciamis merupakn salah satu sentra peternak ayam petelur. 

Dengan harga jual Rp 16 ribu per kilogram, kata dia, peternak mengalami kerugian karena biaya operasional dan pakan tak sesuai dengan harga jual. "Kami sangat prihatin. Produksi telur Ciamis bisa mencapai puluhan ton per hari. Kalau anjlok kasihan peternak," ujar dia.

Untuk saat ini, lanjutnya, pemerintah daerah belum bisa mengalokasikan anggaran untuk mensubsidi peternak. Sebab, kata dia, anggaran pemerintah daerah untuk saat ini terbatas. 

Terlebih kondisi anjloknya harga telur tak terprediksi sebelumnya. "Kita akan koordinasi dengan peternak dan instansi lainnya untuk mencari solusinya. Mudah-mudahan ada jalan keluar," tutur dia.

Sebagaimana diberitakan harga telur ayam ras mengalami penurunan signifikan dalam beberapa pekan terakhi ini. Para peternak mengaku sangat terpikul dengan anjloknya harga telur di pasaran. 

Merosotnya harga telur, membuat peternak mengalami kerugian. Pasalnya biaya operasional dan pakan tak seimbang dengan harga jual. 

"Kami terpaksa nombok tiap hari. Kalau terus begini kami bisa bangkrut," ucap Ajat warga Cimaragas, Kabupaten Ciamis.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut