get app
inews
Aa Read Next : Mayat Perempuan Warga Ciamis yang Ditemukan di Citanduy Tasikmalaya Dibawa ke RS Sartika Asih

Operasi Patuh Lodaya 2021, Ini Target Utamanya

Senin, 20 September 2021 | 11:45 WIB
header img
Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan mengecek kendaraan dinas kepolisian saat apel gelar pasukan Operasi Patuh Lodaya 2021 di halaman Mapolres Tasikmalaya Kota, Senin (20/9/2021). (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id - Mulai hari ini, Senin (20/9/2021) Polri menggelar Operasi Patuh 2021. Pelaksanaan Operasi Patuh 2021 akan berlangsung selama 14 hari ke depan, tepatnya sampai 3 Oktober 2021.

Kaporles Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan mengatakan, Operasi Patuh 2021 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia termasuk di wilayah hukum Polres Tasikmalaya.

Ia menyebut, Operasi Patuh 2021 di Jawa Barat (Jabar) dengan sandi Patuh Lodaya 2021 mengambil tema ‘Polda Jabar Kita Tingkatkan Disiplin Protokol Kesehatan dan Tertib Berlalu Lintas Dalam Rangka Mencegah Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) serta Mewujudkan Kamseltibcarlantas yang Mantap”.

“Target utama dari Operasi Patuh Lodaya 2021 ini yaitu meningkatkan disiplin masyarakat dalam protokol kesehatan, meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, dan mencegah penyebaran Covid-19, serta mewujudkan kamseltibcarlantas,” ujar Aszhari seusai mempimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Lodaya 2021 di halaman Mapolres Tasikmalaya Kota, Senin (20/9/2021).

Menurutnya, sasaran dari Operasi Patuh Lodaya 2021 adalah segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata terhadap masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Di samping itu, sasaran lainnya yaitu masyarakat yang masih berkerumun dan masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas, sehingga menyebabkan kemacetan, pelanggaran, dan laka lantas, serta rawan kerumunan.

“Target kita itu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan mencegah terjadinya kerumunan massa. Terciptanya kamseltibcarlantas dan menurunkan level PPKM,” ucapnya.

Aszhari menjelaskan, pada gelaran Operasi Patuh Lodaya 2021 ini lebih mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif, simpatik, dan humanis, sehingga terbangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

“Kita dahulukan upaya-upaya preemtif dan preventif. Kita tidak berorientasi terhadap penegakan hukum dalam hal ini pemberian sanksi tilang kepada pelanggar lalu lintas,” kata dia.  

Ia menambahkan, jumlah personel yang dilibatkan dalam pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2021 sebanyak 110 orang, yang terdiri dari 60 personel Polres Tasikmalaya Kota dan dibantu dari instansi lain, seperti TNI, Dishub, dan Satpol PP.

“Kita harapkan dengan digelarnya Operasi Patuh Lodaya 2021 bisa menekan laju penyebaran Covid-19 khususnya di Tasikmalaya dan umumnya di Indonesia,” pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut