get app
inews
Aa Text
Read Next : Kinerja Stabil di Q3 2024, BTPN Syariah Fokus Tingkatkan Kualitas dan Layani Nasabah dengan Optimal

Antisipasi Peningkatan Kebutuhan Uang Tunai Nasabah, Bank Mandiri Area Tasikmalaya Siapkan Rp324 M

Rabu, 26 Maret 2025 | 22:00 WIB
header img
Selama 30 hari kedepan, saat Ramadan menjelang Lebaran 2025, Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp324 miliar. Foto: istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Selama 30 hari kedepan, saat Ramadan menjelang Lebaran 2025, Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp324 miliar.

Uang tunai tersebut disiapkan untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai masyarakat di wilayah Area Tasikmalaya.

Jumkah net kebutuhan uang tunai tersenur naik sebesar 4 persen dibanding realisasi tahun sebelumnya, sedangkan untuk sekuruh wikayah Jawa Badat sekitar Rp 6,13 triliun.

"Inisiatif ini diiharapkan dapat membanty nasabah memenuhi berbagai kebutuhan pada periode bulan Ramadan dan Lebaran mendatang, terutama pada masa pembayaran gaji dan THR ASN," kata Vice Presiden Bang Mandiri Area Tasikmalaya, Tito Angriawan, Rabu (26/3/2025) sore.

Adapun, Tito menambahkan, secara nasional Bank Mandiri telag mengantisipasi net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,6 triliun.

"Sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai tersebur digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri di wilayah Area Tasikmalaya yang diprediksi mencapai Rp 200 miliar selama periode tersebut," ujarnya.

Guna mendukung penyaluran uang tuna ke masyarakat, dikatakan Tito, pihaknya juga telah mengoptimalisasi pengisiaj 144 unit ATM/CRM (ATM setor tarik) Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak awal bulan ini hingga saat libur Lebaran.

"Selain mesin ATM, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-chanell pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan 1.238 mesin EDC dan aplikasi Livin' by Mandiri," jelasnya.

Sejalan dengan tema program Ramadan tahun ini, yakni 'Raih Ketenangan, Banyak Kemenangan' dan mengingat banyaknya pengguna Livin' by Mandiri, pihaknya akan mengoptimalisasi kapasitas super app ini agar tetap memberikan layanan prima saat puncak transaksi, sehingga nasabag dapat beribadah dan berlibur dengan tenang.

"Untuk memastikan kelancaran transaksi BI-FAST nasabah. Kami juga akan menyediakan likuiditas yang memadai pada Rekening Settlement Dana (RSD) untuk mengantisipasi lonjakan transaksi BI-FAST, pada perjode Ramadan dan Idul Fitri," terang dia.

Sedangkan, diungkapkan dia, langkah preventive maintenance akan dilakukan pada 202 ATM/CRM yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di lokasi strategis seperti rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata.

Nasabah juga dapat menggunakan Livin’ by Mandiri yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan seperti cek saldo, transfer, pembayaran tagihan bulanan & e-commerce, top up e-money maupun e-wallet, serta pembayaran dengan QRIS.

Bahkan, nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta, pesawat, sampai tempat wisata melalui fitur Sukha pada super app ini. 

Sedangkan bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, Tito menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan stok kartu hingga 132 ribu kartu yang dapat diperoleh di cabang, Fitur Sukha di Livin by Mandiri, toko retail (Indomaret, Alfamart, dan lain-lain), outlet resmi Bank Mandiri di e-commerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.

"Dengan fitur top up Mandiri e-money pada Livin’ by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja," paparnya.

Tito menjelaskan, pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.

"Tidak hanya itu, selama bulan Ramadhan Bank Mandiri juga memberikan banyak program khusus spesial Ramadhan untuk memanjakan nasabah. Nasabah dapat mengakses ragam program tersebut melalui bmri.id/ramadan2025," tuturnya.

Sediakan Layanan Penukaran Uang Tunai

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1446 H, Bank Mandiri turut mendukung kebijakan Bank Indonesia dalam penyediaan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) bagi masyarakat.

Penukaran tahun ini dapat dilakukan melalui dua skema utama, yakni layanan penukaran terpadu dan layanan penukaran di loket cabang perbankan. Layanan ini terbuka bagi masyarakat umum, baik nasabah maupun non-nasabah, dan dapat dilakukan selama stok masih tersedia.

Bank Indonesia menjelaskan, sesuai ketentuan pemesanan hanya dapat dilakukan melalui situs BI Pintar (https://pintar.bi.go.id/), masyarakat dapat memilih lokasi bank dan nominal uang yang diinginkan. Setelah mendaftar, masyarakat hanya perlu datang ke lokasi penukaran yang dipilih dan tidak dapat diwakilkan serta wajib membawa identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli  yang akan diverifikasi oleh teller bank sesuai data pemesanan.

Bank Mandiri lanjutnya, terus berkoordinasi dengan Bank Indonesia untuk memastikan kelancaran distribusi uang baru. Pihaknya berharap, dengan adanya layanan ini, masyarakat dapat memperoleh uang pecahan baru dengan mudah dan nyaman selama periode Ramadhan dan Idul Fitri.

Informasi lebih detail mengenai lokasi cabang, jadwal, dan kuota penukaran UPK dapat diakses di situs BI Pintar (https://pintar.bi.go.id/).  
 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut