get app
inews
Aa Read Next : Polres Ciamis Gelar Nobar Timnas Indonesia, Perkuat Kebersamaan dan Nasionalisme

Damkar Ciamis Evakuasi Ular King Kobra Sepanjang 4 Meter di Desa Sidamulih

Rabu, 16 Oktober 2024 | 09:19 WIB
header img
Damkar Ciamis Evakuasi Ular King Kobra Sepanjang 4 Meter di Desa Sidamulih. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id – Petugas pemadam kebakaran dari Pos WMK Banjarsari, Ciamis, berhasil mengevakuasi seekor ular king kobra (Ophiophagus hannah) dengan panjang mencapai 4 meter.

Proses evakuasi yang berlangsung pada Selasa (15/10/2024) sekitar pukul 11.35 WIB ini dilakukan oleh dua petugas, Dzikri dan Rahmat, di sebuah gudang milik warga di Dusun Malabar, Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Ciamis.

Ular berbisa ini ditemukan meringkuk di antara tumpukan karung dan sepeda motor bekas di gudang milik Sumiati (55).

Awalnya, Sumiati bermaksud masuk ke gudang tersebut sekitar pukul 11.10 WIB untuk mengambil barang. Namun, ia terkejut saat mendapati seekor ular besar yang awalnya dikira sebagai ban Vespa.

"Awalnya saya kira itu ban Vespa, tapi ternyata ular yang cukup besar," ujar Kabid Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Ciamis, Fery Rochwandi.

Setelah melihat ular tersebut, Sumiati langsung melaporkan kejadian itu kepada suaminya, Rukanda, dan warga sekitar. Salah seorang warga, Taryana, yang juga dikenal sebagai tokoh pemuda setempat, segera menghubungi petugas Damkar dari Pos WMK Banjarsari.

Tak lama setelah menerima laporan, tim Damkar yang dipimpin oleh Dzikri dan Rahmat tiba di lokasi dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran Z 9915 V. Berkat koordinasi yang baik, ular berbisa tersebut berhasil dievakuasi dalam waktu kurang dari 30 menit.

"Proses evakuasi berjalan lancar, dan ular king kobra sepanjang 4 meter tersebut berhasil kami amankan tanpa insiden," tambah Fery.

Penemuan ular ini mengejutkan warga setempat, mengingat ukurannya yang besar dan potensinya sebagai ancaman berbahaya. King kobra dikenal sebagai salah satu spesies ular paling berbisa di dunia, dan biasanya ditemukan di hutan atau area yang jauh dari pemukiman.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut