get app
inews
Aa Read Next : KPU Kota Tasikmalaya Bersama PPK Kawalu Lakukan Sosialisasi Pilkada 2024 di Wilayah Terpencil

Pemdes Cikeusal Tingkatkan Ketahanan Pangan Melalui Pemanfaatan Lahan Pekarangan

Kamis, 10 Oktober 2024 | 18:37 WIB
header img
Pemdes Cikeusal Tingkatkan Ketahanan Pangan Melalui Pemanfaatan Lahan Pekarangan. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Indra Sanjaya

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Cikeusal, Kecamatan Tanjungjaya, Kabupaten Tasikmalaya, berkomitmen memperkuat ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan pekarangan.

Inisiatif ini didanai oleh Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2024 dan melibatkan kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Desa Cikeusal, sebagai langkah nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Desa Cikeusal, Rahmat Ali, menjelaskan bahwa program ketahanan pangan ini merupakan alokasi sebesar 20 persen dari total dana desa yang diterima.

"Program ini adalah wujud nyata dari dana desa yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan di Desa Cikeusal. Kami melibatkan semua kader PKK dalam pelaksanaannya," ujar Rahmat.

Rahmat menambahkan, Pemdes Cikeusal sebelumnya telah menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan bagi seluruh kader PKK, bekerja sama dengan pihak Kecamatan dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) sebagai narasumber.

"Kami tidak hanya membagikan bibit, pupuk, dan fasilitas pendukung lainnya, tetapi juga memberikan pelatihan agar program ini benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat," tegasnya.

Ia berharap program penguatan ketahanan pangan yang dilaksanakan Pemdes Cikeusal dapat memberikan dampak positif, terutama dalam menghadapi potensi krisis pangan.

"Ada 35 kelompok yang dipimpin oleh seluruh kader PKK. Semoga program ini berkelanjutan dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tutupnya.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut