get app
inews
Aa Read Next : Aksi Pencurian di Tasikmalaya terjadi di Siang Bolong, Laptop dan Perhiasan Raib Digondol Pelaku

Buka Lokasi Wisata Baru, Mahasiswa KKN Uncip Diganjar Penghargaan oleh Disparpora Tasikmalaya

Selasa, 08 Oktober 2024 | 20:06 WIB
header img
Buka Lokasi Wisata Baru, Mahasiswa KKN Uncip Diganjar Penghargaan oleh Disparpora Tasikmalaya. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tasikmalaya memberikan apresiasi khusus kepada mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Cipasung (Uncip) yang telah sukses membuka destinasi wisata baru di wilayah Tasik Selatan. 

Langkah ini dinilai mampu meningkatkan pariwisata daerah sekaligus memberdayakan masyarakat setempat.

Salah satu inisiatif yang diapresiasi adalah pengembangan destinasi wisata Sungai Ciwangsa di Desa Sirnagalih, Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya. 

Kelompok KKN Tematik (KKNT) Uncip bekerja sama dengan warga setempat untuk mengubah aliran Sungai Ciwangsa di Kampung Cioray menjadi objek wisata alam yang menarik.

Menurut Kepala Dinas Disparpora Kabupaten Tasikmalaya, Itang Budianto, program ini selaras dengan tema KKNT Uncip tahun ini yang menekankan pengembangan destinasi wisata berbasis kearifan lokal. 

"KKN di Desa Sirnagalih kali ini bertujuan mengembangkan destinasi pariwisata Sungai Ciwangsa dengan optimalisasi kearifan lokal untuk meningkatkan wisata serta memberdayakan ekonomi masyarakat," jelas Itang.

Pengembangan desa wisata di Sungai Ciwangsa tidak hanya bertujuan menarik wisatawan, tetapi juga menjadi langkah strategis untuk mendorong perekonomian lokal. 

Dengan memanfaatkan potensi alam dan budaya setempat, diharapkan program ini mampu membuka lapangan kerja baru serta melestarikan warisan budaya dan lingkungan.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut