get app
inews
Aa Read Next : Kodim 0613 Ciamis Gelar Lomba Ketangkasan Baris-Berbaris dalam Rangka HUT TNI ke-79

Kebakaran Landa Pabrik Tahu di Pamarican Ciamis

Selasa, 01 Oktober 2024 | 16:14 WIB
header img
Kebakaran Landa Pabrik Tahu di Pamarican Ciamis. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id – Sebuah pabrik tahu di Dusun Sukamaju, Desa Sukajadi, Pamarican, Ciamis, terbakar hebat pada Selasa dini hari (1/10/2024). Pabrik yang dimiliki oleh Dani (48) ini dilalap api sekitar pukul 01.40 WIB. 

Insiden kebakaran pertama kali diketahui oleh Andi Irawan (34), warga setempat yang juga merupakan aparat Desa Sukajadi. Ketika itu, Andi tengah memeriksa kandang kambing yang tidak jauh dari rumahnya. Saat melintas, dia melihat kobaran api yang berasal dari dalam pabrik tahu milik Dani.

Menyadari bahaya yang mengancam, mengingat lokasi pabrik sangat dekat dengan permukiman warga, Andi segera menghubungi petugas piket di Pos Damkar WMK Banjarsari. Respons cepat datang dari empat petugas piket, yakni Icep, Bintang, Rizki, dan Uju, yang segera meluncur ke lokasi dengan mobil pemadam Z 9917 V dan mobil tangki air Z 9915 V.

Sesampainya di lokasi, tim pemadam kebakaran, bersama dengan warga, aparat desa, babinsa, bhabinkamtibmas, serta relawan dari RCS, langsung bahu-membahu berusaha memadamkan kobaran api. Setelah berjuang selama kurang lebih satu setengah jam, api akhirnya berhasil dijinakkan pada pukul 03.00 WIB.

Kabid Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Ciamis, Fery Rochwandi SH MSi, dalam keterangannya menyebutkan bahwa dugaan awal penyebab kebakaran adalah tungku penggorengan yang menyala dan kemudian merembet ke bagian dalam pabrik.

“Diduga api berasal dari tungku penggorengan yang merembet ke dinding dalam pabrik tahu,” ujar Fery.

Dari pabrik yang berukuran 9x9 meter tersebut, sekitar separuh bangunan serta isinya hangus terbakar, sementara setengah lainnya berhasil diselamatkan berkat upaya cepat petugas dan warga. Kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp30 juta.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut