get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Ciamis, Warga Kini Bisa Urus di Kantor Kecamatan

Longsor di Desa Sukamaju Ciamis, 4 Keluarga Ngungsi

Jum'at, 27 September 2024 | 07:51 WIB
header img
Longsor di Desa Sukamaju Ciamis, 4 Keluarga Ngungsi. Foto: dok. BPBD Ciamis

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id – Hujan deras yang mengguyur wilayah Ciamis pada Rabu (25/9/2024) sore hingga malam hari memicu terjadinya longsor di empat titik di Dusun Sukamaju, Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. 

Akibat kejadian tersebut, empat keluarga dengan total 13 jiwa terpaksa mengungsi karena rumah mereka terancam oleh material longsoran.

Kepala Pelaksana BPBD Ciamis, Ani Supiani, menyampaikan bahwa empat keluarga tersebut terdiri dari penghuni rumah Amin dan Rudi di RT 06 RW 02, serta Suherna dan Wawan di RT 08 RW 03.

“Kejadian longsor ini terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Hujan lebat yang terus mengguyur menyebabkan material tanah dari tebing belakang rumah Amin longsor, merusak bagian belakang rumah dan menimbun kolam ikan. Sementara itu, rumah Suherna terancam karena tembok penahan tebing di sekitar rumahnya runtuh," jelas Ani pada Kamis (26/9/2024).

Longsor juga mengakibatkan puing-puing tanah menimpa bagian belakang rumah Wawan dan Rudi di RT 08 RW 03. Selain mengancam rumah, material longsor juga merusak area persawahan di sekitar lokasi. Meskipun demikian, tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam kejadian ini.

Setelah bencana terjadi, petugas Pusdalops BPBD Ciamis bersama warga, aparat setempat, dan para relawan segera bergerak cepat melakukan pembersihan material longsor. 

Mereka juga melakukan asesmen kerusakan dan menyalurkan bantuan darurat kepada keluarga terdampak.

Ani menambahkan, bantuan darurat yang diberikan meliputi kebutuhan pokok dan perlengkapan sehari-hari bagi para pengungsi. 

"Kami juga terus memantau perkembangan situasi dan memberikan dukungan kepada keluarga yang rumahnya terancam, sambil menunggu keputusan apakah mereka perlu dipindahkan ke tempat yang lebih aman," lanjutnya.

Tidak hanya di Sukamaju, hujan deras pada Rabu sore itu juga menyebabkan longsor di lima titik lainnya di Desa Dadiharja, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis. 

Kondisi cuaca yang ekstrem membuat BPBD terus mengingatkan masyarakat untuk waspada, terutama mereka yang tinggal di daerah rawan longsor.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut