get app
inews
Aa Read Next : KPU Ciamis Petakan Lokasi Kampanye dan APK Pilkada 2024

Mengenal Rukun Islam Kelima Sejak Dini, Ribuan Siswa RA di Ciamis Ikuti Manasik Haji

Sabtu, 21 September 2024 | 17:33 WIB
header img
Mengenal Rukun Islam Kelima Sejak Dini, Ribuan Siswa RA di Ciamis Ikuti Manasik Haji. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Febrian

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id – Ribuan siswa dari lebih dari 400 Raudhatul Athfal (RA) di Kabupaten Ciamis berpartisipasi dalam kegiatan manasik haji yang berlangsung di halaman Gedung KH Irfan Hielmy, Komplek Islamic Center Ciamis, pada Sabtu (21/9/2024).

Sebanyak 9.300 siswa RA mengikuti acara ini yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Raudhatul Athfal (KKRA) Kabupaten Ciamis, bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Ciamis.

Kepala Kemenag Ciamis, Asep Lukman Hakim, menjelaskan bahwa kegiatan manasik haji ini merupakan agenda rutin KKRA yang bertujuan memperkenalkan ibadah haji kepada anak-anak sejak usia dini.

"Dengan mengenal ibadah haji dari kecil, kami berharap anak-anak dapat terus mengingatnya hingga dewasa dan terdorong untuk melaksanakan rukun Islam kelima ini di masa depan," kata Asep.

Ia juga menegaskan bahwa kegiatan manasik ini sifatnya sukarela, tanpa ada paksaan bagi peserta didik yang tidak ingin ikut serta.

“Kami tidak mewajibkan, hanya bagi yang ingin ikut saja. Bagi yang tidak, itu juga tidak masalah. Kami berharap melalui kegiatan ini, orang tua dapat lebih termotivasi untuk menunaikan ibadah haji," ujarnya.

Ketua KKRA Ciamis, Lalis Lismaidah, menambahkan bahwa simulasi manasik disesuaikan dengan tata cara ibadah haji sebenarnya, namun dengan beberapa penyesuaian untuk anak-anak.

"Seperti lempar jumrah yang dilakukan tiga kali dan sai hanya sekali, untuk menghindari kerumunan," jelas Lalis.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut