get app
inews
Aa Read Next : Isak Tangis Sambut Kedatangan Jenazah dalam Karung di Gereja Kristen Pasundan Tasikmalaya

Kuatkan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah, KPw BI Tasikmalaya Gelar FES x CBP Funtastic 2024

Jum'at, 06 September 2024 | 21:12 WIB
header img
Kuatkan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah, KPw BI Tasikmalaya Tasikmalaya Gelar FES x CBP Funtastic 2024. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Tasikmalaya bekerja sama dengan pemerintah daerah, perbankan, asosiasi, akademisi, dan pelaku usaha menyelenggarakan Festival Ekonomi Syariah dan Cinta, Bangga, Paham Rupiah (FES x CBP) Funtastic 2024. 

Acara ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat hingga Minggu (6-8 September 2024), di Alun-Alun Dadaha, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya. 

FES x CBP Funtastic menghadirkan berbagai kegiatan menarik, seperti Sharia Economic Forum, Sharia Economic Fair, Sharia Competition, edukasi interaktif Cinta, Bangga, Paham Rupiah (CBP Rupiah), layanan penukaran uang, serta kegiatan olahraga seperti CBP QRIS Fun Run dan Fun Bike BMPD, QRIS Experience, dan pertunjukan musik.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengakselerasi ekonomi dan keuangan syariah, mendorong gaya hidup halal di era digital, serta meningkatkan literasi dan pemahaman masyarakat tentang Rupiah di wilayah Priangan Timur.

Perekonomian Priangan Timur pada tahun 2023 tumbuh sebesar 5,11%, didukung oleh perkembangan ekonomi dan keuangan syariah yang menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru. Tren positif ini terlihat dari penyaluran pembiayaan syariah di Priangan Timur yang pada Juli 2024 tumbuh sebesar 7,16% (yoy).

Di tingkat global, ekonomi syariah juga diperkirakan akan terus menguat. Berdasarkan laporan State of The Global Islamic Economy (SGIE) 2023, Indonesia menempati peringkat ketiga setelah Arab Saudi dan Malaysia dalam pengembangan ekonomi syariah.

Prestasi ini diharapkan dapat memotivasi semua pihak untuk berkontribusi dalam pengembangan dan penguatan ekonomi serta keuangan syariah secara berkelanjutan.

Melalui pendekatan konsep money follows the trade, Bank Indonesia melihat bahwa pengembangan ekonomi dan keuangan syariah selaras dengan program Cinta, Bangga, Paham Rupiah. Sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia, Rupiah berperan dalam memastikan kedaulatan, eksistensi, dan persatuan bangsa. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut