get app
inews
Aa Read Next : PKS Siap All Out Menangkan Pilkada 2024 di Jawa Barat

Bawaslu: 5 Kecamatan di Ciamis Masuk Peta Kerawanan Pilkada 2024, Politik Uang dan Netralitas ASN

Rabu, 04 September 2024 | 08:45 WIB
header img
Bawaslu: 5 Kecamatan di Ciamis Masuk Peta Kerawanan Pilkada 2024, Fokus pada Politik Uang dan Netralitas ASN. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id – Ketua Bawaslu Ciamis, Jajang Miftahudin, mengungkapkan bahwa Ciamis menjadi perhatian khusus Bawaslu Pusat karena tingginya potensi kerawanan menjelang Pilkada Serentak 2024. 

Potensi kerawanan ini terutama terkait dengan netralitas ASN/PNS dan praktik politik uang, yang semakin mengkhawatirkan menjelang tiga tahapan krusial: pencalonan, masa kampanye, serta pemungutan dan perhitungan suara.

Hal ini disampaikan oleh Jajang Miftahudin dalam acara Launching Pemetaan Kerawanan Pilkada Serentak 2024 di Ciamis, yang digelar di Hotel Tyara Ciamis pada Selasa (3/9/2024). 

Acara ini ditandai dengan pemukulan kentongan bersama oleh Pj Bupati Ciamis H Engkus Sutisna, unsur Forkopimda, Sekda Ciamis, Komisioner Bawaslu Ciamis, dan Komisioner KPU Ciamis. Kegiatan ini juga dihadiri oleh para camat dari 27 kecamatan di Ciamis, pejabat SKPD, dan kalangan jurnalis.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Ciamis H Engkus Sutisna ST MT mengingatkan pentingnya menjaga netralitas ASN selama tahapan Pilkada 2024 yang sedang berlangsung. Ia menekankan perlunya sosialisasi dan pencegahan untuk memastikan integritas proses pemilu. 

"Koordinasi dan sinergi antara Bawaslu dan Inspektorat sangat diperlukan untuk melakukan sosialisasi, pencegahan, dan pengawasan," ujar Engkus Sutisna.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut