get app
inews
Aa Read Next : Olah TKP di Pasar Cikurubuk, Polisi Cari Barang Bukti Lain Kasus Mayat dalam Karung di Tasikmalaya

TIM PPM Dosen Prodi Gizi Unsil Tasikmalaya Berikan Edukasi Pemantauan Pertumbuhan Cegah Stunting

Minggu, 28 Juli 2024 | 21:00 WIB
header img
TIM PPM Dosen Prodi Gizi Unsil Tasikmalaya Berikan Edukasi Pemantauan Pertumbuhan Cegah Stunting. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Tim Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dosen Prodi Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) melakukan penyuluhan dan edukasi pencegahan balita stunting melalui pemantauan pertumbuhan secara rutin, Minggu (28/7/2024). 

Kegiatan PPM dengan judul kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pelaksanaan Growth Monitoring and Promotion (GMP) merupakan Program Pemberdayaan Masyarakat Unggulan Program Studi Gizi ini digelar di Yayasan Al Ikhlas, Jalan Ampera, Kelurahan Panglayungan, Kecamatan Cipedes.

Adapun penyuluhan dan edukasi itu diberikan kepada kader posyandu dan ibu balita yang ada di Kelurahan Panglayungan. Dalam pelaksanannya tersebut, pemateri tentang pemantauan pertumbuhan balita disampaikan oleh Taufiq Firdaus Al Ghifari Atmaja, S.Gz., M.Si.

Ketua Tim PPM Dosen Fakultas FIK Prodi Gizi, Dr. Lilik Hidayati, S.KM.,M.Si mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk pengabdian Masyarakat dari para dosen selaku pendidik di Unsil Tasikmalaya. Terlebih, selain mendidik mahasiswa di kelas, dikatakan dia, para dosen juga harus mengaplikasikan ilmu yang merupakan hasil riset para dosen kepada masyarakat.

Pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk mendorong terciptanya kesadaran masyarakat sehingga dapat secara mandiri dan sukarela mau memanfaatkan posyandu sebagai sarana pemantauan pertumbuhan balita atau istilahnya GMP. Di samping itu, dengan pemberdayaan masyarakat maka diharapkan mereka mampu melakukan pemantauan petumbuhan balita mereka sendiri. 

Kegiatan pemberdayaan kader dilakukan melalui tiga tahapan kegiatan yaitu, Peningkatan kesadaran masyarakat (How to make aware), Peningkatan pengetahuan masyarakat (How to increasing of knowledge), Pemberian daya kepada masyarakat (How to empowering).

"Nah salah satunya ini adalah sumbangsih kami untuk membantu mengatasi stunting di daerah Kota Tasikmalaya. Salah satu caranya adalah dengan pemantauan pertumbuhan atau growth monitoring," kata Lilik.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut