get app
inews
Aa Read Next : Sosok Polisi Teladan, Bhabinkamtibmas di Tasikmalaya Sisihkan Gaji untuk Bantu Kaum Duafa

Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-392, Bupati Ade Sugianto Ajak Warga Refleksi dan Introspeksi

Jum'at, 26 Juli 2024 | 13:17 WIB
header img
Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-392, Bupati Ade Sugianto Ajak Warga Refleksi dan Introspeksi. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Indra Sanjaya

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Peringatan hari jadi Kabupaten Tasikmalaya yang ke-392 berlangsung meriah di halaman Kantor Bupati Tasikmalaya pada Jumat pagi (26/7/2024). Acara ini dihadiri oleh ribuan peserta, termasuk Aparat Sipil Negara, Kepolisian, TNI, Anggota DPRD, linmas, pelajar, dan mahasiswa.

Dalam sambutannya, Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, menyatakan bahwa peringatan hari jadi Kabupaten Tasikmalaya adalah momen istimewa untuk melakukan introspeksi terhadap perjalanan panjang yang telah dilalui bersama serta menanamkan motivasi dan dedikasi untuk menghadapi tantangan di masa depan.

"Hari lahir Kabupaten Tasikmalaya ditetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tasikmalaya Nomor 1 Tahun 2015. Hari jadi ini didasarkan pada momentum pengangkatan 'Ngabehi Wirawangsa' sebagai Menteri Agung Bupati Soekapura pada piagam Sultan Mataram tanggal 9 Muharam tahun Jim, yang bertepatan dengan 26 Juli 1632 Masehi," jelas Ade.

Ade menambahkan bahwa selama 392 tahun perjalanan Kabupaten Tasikmalaya, berbagai dinamika telah dialami, termasuk tantangan lingkungan, sistem, dan budaya yang berbeda. Ia menegaskan bahwa hari ini adalah waktu untuk meneguhkan komitmen bersama dalam melanjutkan ikhtiar para pendahulu dengan mengoptimalkan segala sumber daya agar Kabupaten Tasikmalaya dapat lebih maju dan sejahtera.

"Alhamdulillah, meskipun pembangunan yang telah dilaksanakan belum maksimal, kita masih dapat mencatat berbagai capaian yang patut disyukuri. Keterbatasan fiskal yang berat, terutama pasca-pandemi Covid-19 dan berbagai konflik geopolitik, telah menyebabkan resesi dan keterpurukan ekonomi global," kata Ade.

Dalam pencapaian pembangunan Kabupaten Tasikmalaya hingga tahun 2023, Ade mengungkapkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 69,38 poin, mengalami kenaikan satu peringkat dari tahun sebelumnya di Provinsi Jawa Barat. Di bidang kesehatan, Kabupaten Tasikmalaya berhasil menurunkan angka stunting sebesar 6,5 persen, dari 27,2 persen pada tahun 2022 menjadi 20,7 persen pada tahun 2023.

"Di saat 18 kabupaten di Provinsi Jawa Barat mengalami kenaikan angka stunting, Kabupaten Tasikmalaya menjadi kabupaten kedua terbaik di provinsi ini yang mengalami penurunan signifikan," jelas Ade.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut