get app
inews
Aa Read Next : Disdukcapil Ciamis Jemput Bola Perekaman E-KTP Warga Penyandang Disabilitas

Petugas Damkar Pos WMK Rancah Ciamis Evakuasi Ular Kobra yang Hendak Masuk Rumah Warga

Jum'at, 19 Juli 2024 | 09:28 WIB
header img
Petugas Damkar Pos WMK Rancah Ciamis Evakuasi Ular Kobra yang Hendak Masuk Rumah Warga. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Seekor ular Kobra Jawa (Naja sputatrix) sepanjang 1,2 meter yang merayap di halaman depan rumah M Ramlan (50), di Dusun Cileungsir, Desa Cileungsi, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, berhasil dievakuasi oleh petugas Damkar Pos WMK Rancah pada Kamis (18/7/2024) pukul 14.35 WIB.

Kejadian bermula sekitar pukul 13.50 WIB, Kamis (18/7/2024) siang, saat pemilik rumah, M Ramlan, sedang membersihkan lantai teras depan rumahnya yang berada di sisi jalan raya Rancah-Rajadesa. 

Saat membersihkan lantai, Ramlan memergoki seekor ular yang melata di dekat ujung paralon saluran air yang menghubungkan talang atap dengan halaman sisi teras rumah. Ular tersebut kemudian masuk ke dalam saluran air.

Khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pemilik rumah yang bekerja sebagai PNS tersebut segera menghubungi petugas Damkar Pos WMK Rancah.

"Siang itu, dua petugas kami dari Pos WMK Rancah, Aju dan Yanto, langsung ke lokasi kejadian dengan menggunakan mobil tangki water supply Z 8449 T," ujar Kabid Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Ciamis, Ferry Rochwandi, kepada iNewsCiamisRaya.id jejaring iNewsTasikmalaya.id pada Jumat (19/7/2024).

Dengan peralatan yang sudah disiapkan, Yanto dan Aju berhasil menangkap ular yang masih berada di dalam saluran air di halaman rumah M Ramlan tersebut.

"Sekitar pukul 14.35 WIB Kamis siang, ular tersebut sudah berhasil dievakuasi. Dan petugas kami kembali ke Pos WMK Rancah untuk melanjutkan kesiapsiagaan," katanya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut