get app
inews
Aa Read Next : PKB Gelar Konsolidasi Pemenangan Pilkada Kota Tasikmalaya 2024, Targetkan Jabar Bahagia Menang

Ratusan Siswa SD IT Al-Muslimin Kota Tasikmalaya Ikut Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi

Kamis, 20 Juni 2024 | 20:53 WIB
header img
Ratusan Siswa SD IT Al-Muslimin Kota Tasikmalaya Ikut Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya menggelar sosialisasi serta simulasi kesiapsiagaan bencana alam gempa bumi, pada Kamis (20/9/2024). 

Simulasi kesiapsiagaan bencana gempa bumi tersebut diikuti ratusan murid dan guru Sekolah Dasar (SD) IT Al-Muslimin, Jalan Tamansari, Kelurahan Mulyasari, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya.

Korlap Unit Reaksi Cepat URC BPBD Kota Tasikmalaya Harisman mengatakan, simulasi Kesiapsiagaan bencana ini merupakan permintaan dari pihak sekolah ke BPBD untuk memberikan edukasi kepada peserta didik dan tenaga pendidik. 

"Jadi itu emang inisiatif dari pihak sekolah ya, yang meminta BPBD untuk memberikan edukasi dan pemahaman perihal bagaimana ketika adanya bencana gempa bumi," kata Harisman kepada iNewsTasikmalaya.id.

Harisman menyampaikan, saat sirine alarm berbunyi, tanda terjadinya gempa bumi, ratusan murid dan para guru terlihat berhamburan keluar ruangan untuk mencari tempat yang jauh dari bangunan.

Anak-anak yang ketakutan akan adanya gempa bumi itu pun menjerit dan tangisan terdengar keras. Mereka juga mengamankan kepalanya dengan tas gandongnya guna melindungi diri dari reruntuhan.

Setelah itu, mereka pun langsung berkumpul di lapangan yang luas serta jauh dari yang namanya material bangunan. Kepanikan masih terlihat dari raut wajah anak-anak itu. Akan tetapi, setelah dinyatakan aman, mereka tampak kembali melanjutkan aktivitasnya.

"Kami di sana juga memberikan pemahaman ketika adanya gempa bumi seperti mencari perlindungan pada tempat yang aman, seperti di bawah meja, menutup kepala dengan kursi atau tasnya bisa digunakan, dan tentunya segera untuk mencari lapangan yang luas serta jauh dari material bangunan," ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut