get app
inews
Aa Read Next : Pria Lansia di Ciamis Tewas Diduga Tertabrak Kereta Api

Pedagang Hewan Kurban: Permintaan Sapi Kurban di Ciamis Masih Sepi Jelang Idul Adha 1445 H

Rabu, 05 Juni 2024 | 09:44 WIB
header img
Pedagang Hewan Kurban: Permintaan Sapi Kurban di Ciamis Masih Sepi Jelang Idul Adha 1445 H. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Dibandingkan dengan Idul Adha tahun 2023, permintaan sapi kurban menjelang Idul Adha tahun 2024 menurun drastis.

Hal ini dirasakan oleh pengelola peternakan sapi "Sriwijaya Farm" di Dusun Cibodas, Desa Cisadap, Ciamis.

"Stok 36 ekor sapi kurban, hingga hari ini (H-14) baru terjual 14 ekor. Padahal, tahun lalu pada H-7 seluruh stok sebanyak 35 ekor sudah habis terjual," ungkap H Yasmin S, pengelola peternakan sapi "Sriwijaya Farm" kepada iNewsCiamisRaya.id, Selasa (4/6/2024).

H Yasmin sendiri belum memahami alasan di balik penurunan drastis permintaan sapi kurban tahun ini dibanding tahun lalu.

"Harapannya, dalam dua minggu menjelang Idul Adha ini ada peningkatan permintaan," tambahnya.

Menghadapi Idul Adha tahun 2024, Sriwijaya Farm menyiapkan stok sebanyak 36 ekor sapi jantan siap kurban. Terdiri dari berbagai jenis sapi seperti limousin, pigeon, dan sapi lokal dari Madura, dengan bobot bervariasi antara 2,5 kuintal hingga 3,75 kuintal.

Harga sapi juga bervariasi, mulai dari Rp23,5 juta per ekor hingga Rp50 juta per ekor, dengan harga taksiran hidup Rp80 ribu - Rp85 ribu per kg.

Dari stok 36 ekor sapi kurban tersebut, sebanyak 14 ekor sudah terpesan atau terjual, dengan 9 ekor di antaranya akan dikirim ke Jakarta, termasuk ke Kebayoran Lama, Cipinang, dan Bekasi. Pesanan ini terdiri dari sapi jenis limousin dan pigeon.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut