get app
inews
Aa Read Next : 650 Mahasiswa Unigal Angkatan ke-39 Diwisuda, Lulusan Diminta Mampu Berinovasi

Motivasi Angga Budi Kusuma di Hadapan Lulusan SMA Informatika Ciamis, Dari OB Jadi Dirut Perumahan

Rabu, 15 Mei 2024 | 16:38 WIB
header img
Motivasi Angga Budi Kusuma di Hadapan Lulusan SMA Informatika Ciamis, Dari OB Jadi Dirut Perumahan. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Acara perpisahan dan pelepasan 165 lulusan SMA Informatika Ciamis di Gedung Kesenian Ciamis pada Rabu (15/5/2024) siang menjadi momen berkesan dengan penampilan berbagai kesenian. 

Namun, kehadiran Angga Budi Kusuma, seorang pengusaha muda sukses, memberikan makna lebih dalam acara tersebut.

Angga, yang memulai kariernya dari strata terbawah sebagai office boy (OB) di perusahaan properti, kini telah menjadi direktur utama dan pemilik Pesona Kahuripan Group dengan 11.030 unit rumah di 11 lokasi perumahan.

Angga (36), berbagi cerita tentang perjalanan hidupnya kepada para lulusan SMA Informatika, memberikan motivasi bagi mereka yang baru saja menyelesaikan pendidika. 

Ia menceritakan bagaimana dirinya, setelah lulus dari SMAN IX Bekasi tahun 2007, bekerja di perusahaan properti Pesona Kahuripan, di Desa Kahuripan, Cileungsi, Bogor pada 2017 sebagai OB.

Dalam sambutannya, Angga menjelaskan, bahwa pekerjaan sebagai OB dijalani dengan ikhlas dan penuh penyesuaian diri yang membuatnya cepat mahir. 


Motivasi Angga Budi Kusuma (batik biru): Dari OB Jadi Dirut Perumahan. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

Selama bekerja, ia mendapatkan banyak bimbingan dan ilmu dari petinggi perusahaan, tidak hanya tentang properti tetapi juga tentang kehidupan. 

Berkat dedikasi, kerja keras, dan loyalitas, Angga dipercaya menjadi tenaga marketing, kemudian mengurus berkas-berkas perumahan, hingga akhirnya menjadi direktur utama dan pemilik Pesona Kahuripan Group.

"Alhamdulillah, Allah telah memberi kemudahan dalam perjalanan hidup saya dan mengangkat derajat saya," ujar Angga kepada iNewsCiamisRaya.id usai memberikan motivasi. 

Ia menekankan bahwa semangat dan kejujuran dalam bekerja membawa dirinya ke posisi saat ini, meskipun hanya lulusan SMA.

Angga juga menceritakan bagaimana ia memulai usahanya dengan modal pinjaman Rp700 juta tanpa agunan dari seorang teman.

Dengan modal tersebut, ia membeli tanah seluas satu hektar di kampung halamannya dan membangun 68 unit rumah yang semuanya laku terjual.

Dari situ, Pesona Kahuripan berkembang hingga memiliki 11 lokasi dengan total 11.030 unit rumah. "Tahun ini kami berencana mengembangkan usaha ke luar Bogor dengan target 6.000 unit rumah," tambah Angga. 

Setiap pembangunan perumahan di bawah bendera Pesona Kahuripan selalu dimulai dengan inovasi baru, termasuk menyediakan beasiswa bagi anak-anak penghuni dari TK hingga SD.

Ketua Yayasan Bina Nusantara Ciamis, pengelola SMA Informatika Ciamis, H. Tatang Jauhari menyebutk, bahwa 65 persen siswa dan lulusan SMA Informatika berasal dari keluarga berpenghasilan rendah. 

"Makanya kami sengaja mengundang Pak Angga untuk tampil di hadapan para lulusan agar kisah hidupnya bisa menjadi motivasi," ujarnya.

Pada akhir tahun ajaran 2023/2024, SMA Informatika meluluskan 165 siswa dari jurusan IPA dan IPS.

Kehadiran Angga Budi Kusuma diharapkan memberikan makna dan manfaat lebih bagi acara perpisahan lulusan SMA Informatika angkatan ke-XX tahun ini.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut