get app
inews
Aa Read Next : BMKG: Gempa Garut M6,5 Diakibatkan Aktivitas Deformasi Batuan dalam Lempeng Indo-Australia

13 Rumah di Ciamis Rusak Akibat Gempa Garut, Sejumlah Warga Ngungsi

Minggu, 28 April 2024 | 09:16 WIB
header img
13 Rumah di Ciamis Rusak Akibat Gempa Garut, Sejumlah Warga Ngungsi. Foto:Istimewa

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Gempa berkekuatan Magnitudo 6,5 yang berpusat di 151 km Barat Daya Garut, tepatnya pada Sabtu (27/4/2024) pukul 23.29 WIB, tidak hanya menimbulkan kepanikan di kalangan warga, tetapi juga menyebabkan kerusakan pada sejumlah rumah di Ciamis.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, setidaknya terdapat 13 rumah warga yang mengalami kerusakan akibat guncangan gempa, dengan kerusakan terbanyak terjadi di Kecamatan Banjarsari.

Di Kecamatan Banjarsari, tujuh rumah warga terdampak gempa, dengan empat di antaranya berada di Desa Ratawangi dan tiga lainnya di Desa Cicapar.

Di Desa Ratawangi, rumah Suyatman (49) di Dusun Cangkring, mengalami kerusakan ringan pada bagian dapur, sedangkan rumah Sekdes Ratawangi, M. Sururudin (58), di Dusun Merjan, mengalami kerusakan serius pada bagian joglo. Selain itu, rumah Samingan (69) dan rumah Warsah di Dusun Merjan, juga mengalami kerusakan akibat gempa.

Di Desa Cicapar, rumah Satiman (69) di Dusun Tegalsari, mengalami retakan pada dinding bagian belakang, sementara rumah Ujang Sutarma (57) di Dusun Tegalsari, mengalami kerusakan sedang pada bagian dinding belakang, dan rumah Azid di Dusun Tegalsari, juga terdampak gempa.

Di Kecamatan Pamarican, dua rumah warga terdampak gempa, yaitu rumah Nadikun di Dusun Tugusari, Desa Sukamukti, dan rumah yang dihuni Sain di Dusun Kertajaga, Desa Sukamaju.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut