get app
inews
Aa Read Next : Siapakah Calon Pendamping Nana Suryana di Pilkada Kota Banjar 2024?

Golkar Ciamis Pastikan Usung Herdiat Sunarya sebagai Calon Bupati di Pilkada 2024

Kamis, 25 April 2024 | 13:52 WIB
header img
Golkar Ciamis Pastikan Usung Herdiat Sunarya sebagai Calon Bupati di Pilkada 2024. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Ciamis memastikan bahwa pihaknya sudah final mengusung mantan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya sebagai bakal calon bupati (cabup) dalam Pilkada 2024

Dengan demikian, DPD Golkar Ciamis tidak berencana membuka penjaringan bakal cabup ataupun cawabup. 

"Keputusan sudah final, sudah ditetapkan oleh DPD dan DPP Golkar. Kami telah memutuskan untuk mengusung Pak Herdiat sebagai calon bupati," ujar Ketua DPD Partai Golkar Ciamis, Trian Slamet Triana, Kamis (25/4/2024).

Meskipun memutuskan untuk mengusung Herdiat Sunarya untuk Pilkada Serentak 2024, sesuai dengan peraturan undang-undang, Golkar harus membentuk koalisi dengan partai lain.

“Jumlah kursi yang dimenangkan oleh Golkar tidak mencukupi untuk mengusung calon sendiri. Kami harus berkoalisi,” kata Trian.

Menurutnya, peluang untuk koalisi dengan partai lain sangat terbuka. Ini termasuk berkoalisi dengan PDIP. Menurut Trian, dalam dua pilkada terakhir, Golkar selalu berkoalisi dengan PDIP.

"Pada Pilkada 2013, Golkar berkoalisi dengan PDIP dan PPP untuk mendukung pasangan Sajiwa (Iing Syam Arifin dan Jeje Wiradinata). Pasangan tersebut terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Ciamis periode 2014-2019," ungkapnya. 

Lanjut dia, kemudian pada Pilkada 2018, Golkar kembali berkoalisi dengan PDIP, PPP, Hanura, dan PKB untuk mendukung pasangan Idola (Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin). 

Namun, pasangan tersebut kalah dalam pemilihan. Pasangan HY (Herdiat Sunarya-Yana D Putra) yang didukung oleh Gerindra, PAN, PKS, Nasdem, Demokrat, dan PBB, terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Ciamis periode 2019-2024.

Yang menarik, menjelang Pilkada Serentak 2024, Golkar Ciamis justru memutuskan untuk mengusung calon petahana, Herdiat Sunarya, sebagai calon bupati. “Sementara untuk calon wakil bupati, kami akan mempercayakannya kepada Pak Herdiat dan partai koalisi,” ungkap Trian.

Menyongsong Pilkada 2024, Golkar siap berkoalisi dengan partai mana pun, termasuk PDIP. “Asalkan PDIP atau partai koalisi lainnya setuju dengan Pak Herdiat sebagai calon bupatinya,” tambahnya.

Untuk mengukuhkan dukungan terhadap Herdiat Sunarya dalam Pilkada Serentak 2024, DPD Golkar Ciamis sedang melakukan survei pada April ini untuk mengukur popularitas dan elektabilitasnya.

Selanjutnya, pada Mei dan Juni nanti, survei akan dilanjutkan dengan simulasi pasangan calon. “Nama Herdiat akan dipasangkan dengan beberapa nama lain untuk disurvei,” jelas Trian.

Setelah itu, pada Juli, survei lanjutan akan dilakukan. Pasangan dengan hasil survei simulasi tertinggi akan disurvei lagi.

“Survei ketiga ini akan menjadi pertimbangan yang akan disampaikan kepada partai koalisi nanti,” tegasnya.

Pada Rabu (24/4/2024) sore, Trian bersama jajaran pengurus DPD Partai Golkar Ciamis menerima kunjungan silaturahmi dari Ketua DPC PDIP Ciamis Nanang Permana dan jajaran pengurus DPC PDIP Ciamis.

Menurut Trian, kunjungan silaturahmi tersebut bertujuan untuk membangun kesamaan persepsi mengenai Pilkada. Membangun kesolidan agar pilkada berjalan aman, dan Ciamis tetap kondusif, siapapun yang terpilih menjadi bupati dan wakil bupatinya.

“Selain itu, ada juga pembicaraan tentang kemungkinan membentuk koalisi bersama PDIP. Ini merupakan langkah awal. Intinya adalah silaturahmi,” ungkap Trian, yang juga merupakan Ketua Komisi C DPRD Ciamis.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut