get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Wartawan Tasikmalaya Deklarasi Sukarelawan Penggiat P4GN

Pascalebaran, Kota Tasikmalaya Produksi Sampah 180-240 Ton per Hari

Jum'at, 19 April 2024 | 12:53 WIB
header img
Pascalebaran, Kota Tasikmalaya Produksi Sampah 180-240 Ton per Hari. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tasikmalaya mencatat bahwa volume sampah yang masuk ke UPTD Pengelola Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ciangir selama dua minggu sebelum Lebaran adalah 2.954 meter kubik. Jumlahnya meningkat menjadi 3.268 meter kubik dua hari sebelum Idul Fitri.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah DLH Kota Tasikmalaya, Fery Arif Maulana, mengkonfirmasi peningkatan volume sampah terjadi karena peningkatan produksi sampah. Proses pemindahan sampah ke TPA Ciangir dilakukan tanpa masalah.

"Kenaikan volume sampah terjadi karena peningkatan tajam dalam produksi sampah. Selama libur lebaran, volume sampah mencapai 230-240 ton per hari, sedangkan pada hari biasa sekitar 180-200 ton per hari," jelas Fery.

Fery menambahkan, pihaknya telah menyiapkan petugas kebersihan untuk bekerja lembur di TPA Ciangir untuk mengoperasikan alat berat guna mengurangi tumpukan sampah.

"Hingga saat ini, volume sampah terus meningkat karena masih ada beberapa Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang belum terangkut sepenuhnya, ditambah dengan bertambahnya jumlah TPS liar," ungkapnya.

Fery berharap, setelah lebaran, masyarakat akan lebih bijak dalam mengelola sampah yang masih memiliki nilai jual untuk mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA Ciangir.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut