get app
inews
Aa Read Next : Peringati HUT Kodam III Siliwangi, Kodim 0612 Tasikmalaya Gelar Baksos Donor Darah

Manfaat Bunga Air Mata Pengantin Bagi Vegetasi Lebah, Madu Lebih Banyak dan Kental Aroma Bunga

Kamis, 04 April 2024 | 16:25 WIB
header img
Manfaat Bunga Air Mata Pengantin Bagi Vegetasi Lebah, Madu Lebih Banyak dan Kental Aroma Bunga. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Indra Sanjaya

TASUKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id- Tanaman bunga hias air mata pengantin (antigonon leptopus) mempunyai segudang manfaat. Selain bunganya yang indah dan beraroma khas, juga bermafaat untuk sumber pakan (vegetasi) lebah madu.

Tanaman rambat yang berasal dari Meksiko ini merupakan tanaman hias yang mudah tumbuh di kawasan iklim tropis seperti Indonesia, termasuk di "Kampung Madu", Desa Purwarahayu, Kecamatan Bpjonggambir, Kabupaten Tasikmalaya.

Sejak lima tahun lalu Kampung Karyasari, Desa Purwarahayu, dijuluki Kampunh Madu karena hampir semua warganya menekuni usaha budidaya lebah madu.

Bunga ini memiliki warna yang indah, yaitu merah muda. Selain merupakan tanaman rambat, bunga air mata pengantin konon disukai oleh serangga penyerbuk seperti kupu-kupu, lebah, semut, dan kumbang.

Tatang (42), salah seorang pembudidaya lebah madu di Kampung Madu, mengungkapkan, lebah madu ternyata menyukai bunga air mata pengantin.

 "Bunga ini sangat bagus untuk vegetasi semua jenis lebah madu, seperti jenis itama atau teuweul," kata Tatang, saat ditemui, Rabu (3/4/2024).

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut