get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Tasikmalaya Gelontorkan Rp100 Miliar untuk Dana Pilkada 2024, Disiapkan 2 Tahun Lalu

Kampung Unik di Bojonggambir Tasikmalaya, Semua Warganya Menekuni Budidaya Lebah Madu

Kamis, 04 April 2024 | 13:39 WIB
header img
Kampung Unik di Bojonggambir Tasikmalaya, Semua Warganya Menekuni Budidaya Lebah Madu. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Indra Sanjaya

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya, memiliki kampung unik di mana hampir semua warganya menekuni budidaya lebah madu

Maka tak heran, sejak beberapa tahun belakangan ini, kampung tersebut dikenal dengan sebutan Kampung Madu. Berbagai jenis madu ada di kampung tersebut.

Kampung Madu ini terletak di dataran tinggi berhawa sejuk dikelilingi kebun teh, di Kampung Karyasari, Desa Purwaraharja, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya. 

Dari pusat kota Kecamatan Bojonggambir, perjalanan ke Kampung Madu memakan waktu sekitar satu jam, jika menggunakan kendaraan pribadi.

Di Kampung Karyasari ini, hampir semua warganya menekuni budidaya berbagai jenis lebah lokal. Setidaknya ada lima spesies lebah yang dibudidayakan. Antara lain, trigona, itama (teuweul), leviset, lebah hutan (odeng), nyiruan, dan lainnya.

Salah seorang pembudidaya lebah, Tatang (42), mengatakan, hampir setiap rumah di Kampung Karyasari, membudidayakan lebah madu sejak sekitar lima tahun lalu.

"Awalnya, sejumlah warga senang berburu madu dan sering menemukan sarang lebah di hutan," ungkap Tatang, saat ditemui, Rabu (3/4/2024).

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut