get app
inews
Aa Read Next : Dosen Farmasi Institut Teknologi Bandung Resmikan Desa Mitra di Tanjungsari Tasikmalaya

Pemkot Tasikmalaya Luncurkan Program Hayu Gawe, Informasi Lowongan Kerja untuk Pencaker

Senin, 01 April 2024 | 19:10 WIB
header img
Pemkot Tasikmalaya Luncurkan Program Hayu Gawe, Informasi Lowongan Kerja untuk Pencaker. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warganya. 

Salah satu terobosan terbarunya adalah meluncurkan program Hayu Gawe. Program tersebut bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran di kota berjuluk Kota Santri. 

Dengan memanfaatkatkan teknologi digital atau media sosial (medsos) yang terus berkembang dengan pesat, Pemkot Tasikmalaya pun menghadirkan berbagai macam lowongan kerja (loker) yang bisa diakses melalui media sosial resminya yakni hayu_gawe. 

Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya H Ivan Dicksan mengatakan, warga yang saat ini tengah mencari loker di wilayah Kota Tasikmalaya bisa mengunjungi akun Instagram hayu_gawe. 

“Hayu Gawe itu memanfaatkan medias sosial yang sering diakses masyarakat. Diberi informasi terkait dengan peluang kerja,” kata Ivan Dicksan disela-sela kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Abdul Wahid, Perum Mitra Batik, Kecamatan Kawalu, Senin (1/4/2024). 

“Bukan aplikasi khusus, sebab kalau khusus nanti masyarakat harus masuk lagi ke sana. Ini ada di Instagram, di facebook, di TikTok, untuk menyampaikan peluang kerja di Kota Tasikmalaya,” sambungnya.

Menurutnya, hayu_gawe yang sengaja dibuat Pemkot Tasikmalaya melalui Dinas Tenaga Ketenagakerjaan (Disnaker) itu sebagai langkah pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran yang ada di Kota Tasikmalaya.

“Peluang kerja ini bukan hanya sektor formal, tetapi semua informasi yang bisa menjadikan peluang kerja. Pak Pj meminta disnaker nanti juga mungkin menggaet kecamatan untuk cari informasi lowongan kerja. Misal ada banyak toko berjajar, semua toko itu ditanyain masih butuh tenaga kerja gak. Nah, itu disampaikan di hayu_gawe,” ujarnya.

Lanjut Ivan, bahwa program tersebut juga memudahkan warga Kota Tasikmalaya mendapatkan akses informasi perihal loker itu sendiri yang memang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki masyarakat.

“Nanti ada pendataan kebutuhan tenaga kerja ke berbagai sektor. Kalaupun bukan warga Tasikmalaya yang melamar enggak apa-apa,” ucapnya. 

Ivan menambahkan, bahwa masih banyaknya pengangguran di Kota Tasikmalaya tidak terlepas dari kurangnya informasi yang didapatkan masyarakat. Sehingga, dengan hadirnya program ini bisa mengurangi angka pengangguran di Kota Tasikmalaya.

“Ini upaya kita bagaimana mempercepat penanganan angka pengangguran. Mungkin saja bahwa mereka belum bekerja karena kekurangan informasi lowongan,” tandas Ivan.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut