get app
inews
Aa Read Next : Sekda: Ada 1.000 Lebih Rutilahu di Kota Tasikmalaya, Perlu Kolaborasi untuk Bantu Masyarakat

PD Muhammadiyah dan PCNU Kota Tasikmalaya Kritisi Penyusunan Ranperda Pendidikan

Selasa, 05 Maret 2024 | 11:37 WIB
header img
PD Muhammadiyah dan PCNU Kota Tasikmalaya Kritisi Penyusunan Ranperda Pendidikan. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Pimpindan Daerah (PD) Muhammadiyah dan Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tasikmalaya mengkritisi soal rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang pendidikan.

Kedua pimpinan ormas Islam tersebut menyebut bahwa penyusunan ranperda pendidikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya dan DPRD Kota Tasikmalaya tidak melibatkan ormas Islam dalam penyusunannya.

Ketua PD Muhammadiyah Kota Tasikmalaya Iif Syamsul Asif, sangat menyayangkan dengan penyusunan ranperda. Menurutnya, ranperda pendidikan tersebut sangat penting dan srategis.

Namun, hal itu dinilai sangat ironis jika kepercayaan dan legitimasi masyarakat terhadap sekolah madrasah dijauhkan begitu saja. Terlebih, dalam undang-undang tentang sisdiknas sudah jelas dimasukan.

“Jadi begini, melihat kondisi yang terkecil dulu, Muhammadiyah dan NU juga tersinggung mengenai Ranperda MI, Tsanawiyah itu tidak masuk. Kenapa di undang-undang 2020 tentang Sisdiknas itu sudah jelas dimasukan, berani-beraninya ko menyusun ranperda tidak sesuai dengan undang-undang," kata Iif pada wartawan saat silaturahmi dengan pengurus PCNU Kota Tasikmalaya pada Sabtu (2/3/2024).

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut