get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Rumah di Kawasan Kaki Gunung Sawal Ciamis Terdampak Pergerakan Tanah, Ratusan Warga Ngungsi

Banjir Landa Perumahan di Manonjaya Tasikmalaya

Sabtu, 02 Maret 2024 | 18:50 WIB
header img
Banjir Landa Perumahan di Manonjaya Tasikmalaya. Foto: Kolase/Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Cuaca ekstrem melanda Kabupaten Tasikmalaya, menyebabkan Perumahan Viola Griya Asri 3, Desa Gunajaya, Kecamatan Manonjaya, terendam banjir pada Sabtu (2/3/2024). Hujan deras dengan intensitas tinggi membuat air meluap dan menggenangi jalanan serta rumah warga.

Banjir setinggi betis orang dewasa menggenangi jalan-jalan di perumahan tersebut, menyebabkan sejumlah rumah ikut terendam luapan air. Royan (31), salah satu warga perumahan, mengatakan bahwa banjir mulai terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

"Perumahan tempat saya terendam banjir. Air mulai naik sekitar pukul 13.00 WIB," ujar Royan.

Deden, seorang penghuni senior Perumahan Viola Griya 3, menambahkan bahwa selain menggenangi jalanan, banjir juga masuk ke dalam beberapa rumah. 

"Air masuk ke dalam rumah, termasuk ke WC dan dapur, merusak barang-barang seperti lemari dan kursi. Terdapat tiga jalur yang terkena banjir parah di Blok A," ungkapnya.

Menurut Deden, saluran air yang kecil di perumahan tersebut menjadi penyebab utama luapan air yang cepat. Dia juga mengkritik kurangnya perhatian dari pihak pengembang selama tiga tahun terakhir dalam memperbaiki saluran air.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut