get app
inews
Aa Read Next : Untuk Sekian Kalinya, Rumah Warga Kembali Tertimpa Pohon di Ciamis

Sejumlah Pohon Tua Berpotensi Tumbang di Jalan Ibrahim Adjie Indihiang Dipangkas

Rabu, 02 Februari 2022 | 20:31 WIB
header img
Sejumlah Pohon Tua Berpotensi Tumbang di Jalan Ibrahim Adjie Indihiang Dipangkas. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Ist)

TASIKMALAYA, iNews.id – Sejumlah pohon besar berusian belasan hingga puluhan tahun yang tumbuh di pinggir Jalan Raya Ibrahim Adjie, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, dipangkas oleh tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, TNI- Polri, Satpol PP, Dishub, dan instansi lainnya, Rabu (2/2/2022).

Pemangkasan pohon tersebut sebagai antisipasi kembali terjadinya pohon tumbang ketika terjadi hujan deras disertai angin kencang seperti yang terjadi pada Selasa (1/2/2022).

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kota Tasikmalaya Ucu Anwar mengatakan, pemangkasan pohon di wilayah Indihiang ini merupakan program dan sudah direncakan.

“Ini bukan menindaklanjuti, tapi kami sudah merencanakan program pemangkasan atau bila perlu penebangan pohon yang ada di jalan nasional, provinsi maupun kota,” ujar Ucu.

Dikatakan dia, pemangkasan maupun penebangan pohon ini sebagai langkah BPBD Kota Tasikmalaya dalam meminimalisir terjadinya pohon tumbang yang diakibatkan bencana hidrometeorologi.

“Sebelum melakukan pemangkasan kita sebelumnya mengidentifikasi dahulu pohon mana saja yang memang berpotensi tumbang,” kata dia.

Menurut dia, program pemangkasan pohon yang dinilai rawan atau berpotensi tumbang di pinggir jalan akan terus dilakukan mengingat potensi bencana hidrometeorologi diprediksi masih akan terjadi.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut