get app
inews
Aa Read Next : Truk Box Bermuatan Timah Terguling di Jalur Gentong Tasikmalaya

Mahasiswa FKM Unsil Tasikmalaya Gelar Pelatihan Pengelolaan Sampah Berbasis 3R

Rabu, 13 Desember 2023 | 20:27 WIB
header img
Mahasiswa FKM Unsil Tasikmalaya Gelar Pelatihan Pengelolaan Sampah Berbasis 3R. Foto: Istimewa

TASIKMALAYAiNewsTasikmalayaid - Sejumlah mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Siliwangi Tasikmalaya, memberikan pelatihan pengelolaan sampah melalui konsep 3R.

Pelatihan pengelolaan sampah yang dilakukan tujuh mahasiswa ini digelar di Madrasah Al-Baroqah, Kampung Cijeruk, Desa Cintaraja, Kabupaten Tasikmalaya.

Pelatihan ini mengusung tema Selamatkan Bumi Kita dengan Kelola Sampahmu, Ingat Satu Sampah Seribu Bencana.

Pengelolaan sampah melalui konsep 3R terdiri dari Reuse yaitu memanfaatkan kembali sampah yang masih bisa digunakan, Reduce mengurangi volume sampah, dan Recycle mengolah kembali sampah menjadi barang berguna.

Pelatihan pengelolaan sampah tersebut dibagi dalam tiga rangkaian kegiatan yaitu penyuluhan mengenai pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui konsep 3R, pelatihan pembuatan ecobrick dan pupuk kompos, serta sosialisasi pemberdayaan masyarakat.

Ketiga rangkaian kegiatan tersebut selanjutnya akan dijalankan masyarakat Kampung Cijeruk untuk membuat ecobrick dan akan dimasukkan ke dalam lomba 17 Agustusan.

"Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk meningkatkan kemandirian dan kemampuan masyarakat dalam mengelola sampah berbasis masyarakat dengan konsep 3R," ujar salah seorang mahasiswa FKM Unsil Tasikmalaya, Karina Ajjahra, Rabu (13/12/2023).

Kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari masyarakat serta peserta juga berpartisipasi aktif selama kegiatan berlangsung.

Hadir pada kegiatan itu, Sekretaris Desa Cintaraja, Ketua RT 19 dan RT 20, karang taruna Kampung Cijeruk, serta masyarakat RT 19 dan RT 20 sebanyak 41 orang.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut