get app
inews
Aa Read Next : Forum Gapoktan Kota Tasikmalaya Deklarasikan Dukungan pada Viman Alfarizi untuk Pikada 2024

Selayang Pandang, Sejarah dan Pembentukan Kota Tasikmalaya

Selasa, 07 November 2023 | 08:22 WIB
header img
Selayang Pandang, Sejarah dan Pembentukan Kota Tasikmalaya. Foto: Istimewa

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Kota Tasikmalaya merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Tasikmalaya, yang secara resmi didirikan pada tanggal 17 Oktober 2001 berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2001 tentang Pembentukan Pemerintah Kota Tasikmalaya. 

Awalnya, kota ini dipimpin oleh Drs. H. Wahyu Suradihardja sebagai Pejabat Walikota sejak 18 Oktober 2001. Pada tanggal 14 November 2002, dilakukan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota definitif, menghasilkan Drs. H. Bubun Bunyamin sebagai Walikota dan Drs. H. Syarif Hidayat, M.Si sebagai Wakil Walikota untuk masa jabatan 2002 – 2007.

Secara administratif, Kota Tasikmalaya terbagi menjadi 10 kecamatan dengan total 69 kelurahan. Wilayahnya terletak di bagian Tenggara Provinsi Jawa Barat, dengan batas Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis di utara, serta Sungai Ciwulan di selatan. 

Secara geologis, Kota Tasikmalaya memiliki struktur yang dipengaruhi oleh Gunung Galunggung, Gunung Sawal, dan Gunung Cakrabuana, membentuk jenis tanah asosiasi regosol kelabu, regosol kelabu coklat, litosol, dan latosol coklat kemerah-merahan.

Sejarah berdirinya Kota Tasikmalaya dimulai pada tahun 1976, ketika Kota Administratif Tasikmalaya diresmikan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 1976. Pada saat itu, wilayah ini meliputi 3 kecamatan dan 13 desa.

Melalui perjuangan tokoh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, pembentukan Kota Tasikmalaya terwujud. Pada 17 Oktober 2001, Kota Tasikmalaya secara resmi diresmikan bersama dengan beberapa kota lainnya di Indonesia. Saat ini, Kota Tasikmalaya genap berusia 22 tahun. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut