get app
inews
Aa Read Next : BMKG: Gempa Garut M6,5 Diakibatkan Aktivitas Deformasi Batuan dalam Lempeng Indo-Australia

Gandeng BPBD Kota Tasikmalaya, LPPM dan HIMA GEO FKIP Unsil Gelar Seminar dan Simulasi Gempa Bumi

Senin, 06 November 2023 | 18:46 WIB
header img
Gandeng BPBD Kota Tasikmalaya, LPPM dan HIMA GEO FKIP Unsil Gelar Seminar dan Simulasi Gempa Bumi. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Himpunan Mahasiswa Pendidikam Geografi (HIMA GEO) Universitas Siliwangi (Unsil) bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya menggelar seminar dan simulasi bencana gempa bumi, Senin (6/11/2023).

Seminar yang digelar di Gedung Rektorat Unsil Tasikmalaya dibuka Rektor Unsil, Nundang Busaeri. Para peserta seminar adalah mahasiswa jurusan Geografi Fakultas Kejuruan Ilmu dan Pendidikan (FKIP) dan LPPM Unsil.

Usai seminar, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi mitigasi bencana kegempaan di depan kelas FKIP yang dipandu oleh BPBD Kota Tasikmalaya.

“Jadi kegiatan seminar dan mitigasi bencana ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan civitas akademi Unsil dalam menghadapi gempa bumi. Kenapa seperti itu? Karena lingkungan kampus itu mengumpulkan massa yang banyak pada saat jam perkuliahaan," ucap Kepala Pusat Study Bencana dan Lingkungan Hidup LPPM Unsil, Setio Galih Marliono.

Dikatakan Setio, ada sekitar 17 ribu orang setiap harinya berada di lingkungan kampus Unsil. Mitigasi bencana dilakukan untuk meminimalisir korban dan tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi.

Lanjut dia, saat ini pihaknya baru mengaplikasikan mitigasi bencana di lingkungan kampus. Namun, ke depannya tidak menutup kemungkinan diaplikasikan ke masyarakat.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut