get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Tasikmalaya dan Sekitarnya, Rabu 15 Mei 2024: Siang Hari Berawan

ISSI Pengprov Jabar Apresiasi Even Balap Sepeda Lodaya Siliwangi Ride 2023, Bantu Pembibitan Atlet

Senin, 06 November 2023 | 07:16 WIB
header img
Ketua Pengprov ISSI Jawa Barat, Iman Firmansyah (kanan) dan Ketua Panitia Lodaya-Siliwangi Ride 2023, Kombes Pol Deni Okvianto, SIK (kiri). Foto: Istimewa

PANGANDARAN, iNewsTasikmalaya.id - Ketua Umum Pengprov ISSI Jawa Barat, Iman Firmansyah, memberikan apresiasi dan penghargaan tinggi terhadap penyelenggaraan Lodaya Siliwangi Ride 2023, sebuah lomba balap sepeda road bike (RB) sejauh 174 kilometer dari Tasikmalaya ke Pangandaran yang diselenggarakan pada Sabtu (4/11/2023). 

Lomba ini diikuti oleh 550 peserta dari Jawa Barat dan beberapa provinsi lainnya. Iman menyatakan bahwa kejuaraan ini layak menjadi agenda tahunan bagi ISSI Jawa Barat.

Iman memberikan penilaian positif terhadap penyelenggaraan lomba ini yang merupakan bagian dari peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95. Dia memuji profesionalitas panitia yang berhasil menggelar lomba sekelas ini dalam waktu hanya tiga pekan. 

Menurutnya, lomba ini diikuti oleh pembalap nasional dari klub-klub terkemuka di Indonesia, termasuk beberapa yang pernah meraih gelar juara di SEA Games dan Asian Games.

Dalam konteks pembinaan atlet, Iman menjelaskan bahwa lomba balap sepeda ini merupakan uji kemampuan bagi atlet di bawah 21 tahun. 

Ia mengakui bahwa Jawa Barat selama enam tahun terakhir tertinggal dalam pembinaan atlet muda karena minimnya kejuaraan di daerah tersebut. 

Dengan adanya Lodaya Siliwangi Ride 2023, Iman berharap akan muncul pembalap-pembalap muda dari Jawa Barat yang dapat berprestasi di tingkat nasional dan internasional. 

Ia yakin bahwa dengan lebih banyaknya kegiatan serupa, Jawa Barat akan dapat merajai balap sepeda kategori RB di tingkat nasional.

‘’ISSI Jawa Barat berterimakasih kepada Bapak Kapolda Jawa Barat yang secara tidak langsung membangtu pembibitan atlet muda melalui ajang lomba ini. Animo pembalap usia di bawah 21 tahun sangat besar mengikuti lomba ini,’’ kata Iman. 

Iman juga menyoroti rute lomba yang menantang, melibatkan jalan datar dan tanjakan, serta menawarkan pemandangan indah termasuk perbukitan dan pesisir laut.

Dalam konteks dampak positif, Iman mengungkapkan bahwa kegiatan ini memberikan dampak positif pada prestasi atlet, promosi sektor pariwisata, dan perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah tersebut. 

Ia juga menyebut bahwa mantan Menteri Kelautan, Susi Pujiastuti, siap menjadi sponsor untuk kegiatan serupa.

Lomba ini menawarkan total hadiah sebesar Rp 269 juta dan memiliki delapan kelas kategori yang bersaing, dengan pembalap nasional meraih juara di enam kelas tersebut.

Panitia juga menyediakan empat water station di sepanjang rute untuk mendukung para peserta.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut