get app
inews
Aa Read Next : Acep Adang Ruhiat dan Gita KDI Incar Tasikmalaya sebagai Basis Suara Pilgub Jabar 2024

Even Mapah Sauyunan di Kota Tasikmalaya, Kampanyekan Pola Hidup Sehat dan Budaya Jalan Santai

Rabu, 25 Oktober 2023 | 16:36 WIB
header img
Even Mapah Sauyunan di Kota Tasikmalaya, Kampanyekan Pola Hidup Sehat dan Budaya Jalan Santai. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Firman Suryaman

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Even jalan santai bertajuk Mapah Sauyunan di Bale Kota Tasikmalaya, Rabu (25/10/2023), memiliki makna mendalam mempererat silaturahmi warga kota.

Mapah Sauyunan adalah perkataan dalam bahasa Sunda yang berarti berjalan seiring sejalan seia sekata. Menjadikan even jalan santai tersebut tak sekadar berolah raga, tapi memiliki makna menyatukan warga Kota Tasikmalaya.

"Kami sengaja mengambil tema Mapah Sauyunan karena di situ selain ada kegiatan olah raga juga mempersatukan warga kota yang beragam,, mempererat silaturahmi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Uus Supangat, disela acara.

Menurut Uus, setelah lama tak bisa bersatu karena pandemi Covid-19, kini saatnya menggalakkan lahi budaya jalan santai yang menyehatkan dan murah meriah.

Mapah Sauyunan juga memiliki filosofi tetap mempersatukan warga kota. Terlebih sebentar lagi mereka akan mengikuti perhelatan Pemilu 2024 yang sudah tentu berbeda aspirasi.

"Melalui jalan santai Mapah Sauyunan, kita berjalan bersama sambil berolah raga dan mempererat hubungan sambil riang gembira," kata Uus.

Untuk lebih menyemarakan suasana, even Mapah Sauyunan tak hanya menggelar jalan santai dan berbagi seabreg hadiah tapi juga ada senam sederhana yang bisa diikuti seluruh peserta.

Pokoknya, tandas Uus, semua kegiatan Mapah Sauyunan berkaitan dengan olah raga dalam rangka hidup sehat. Hadiah pun berkaitan dengan kesehatan, di antaranya sepeda.

"Olah raga itu tak perlu mahal-mahal. Bisa dengan bersepeda, senam sederhana seperti yang diajarkan instruktur tadi, maupun jalan santai. Tapi memberikan manfaat kesehatan yang besar," ujar Uus.

Jalan santai tersebut diikuti ribuan warga dan dilepas langsung Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah.

"Hari ini merayakan HUT ke-22 Kota Tasikmalaya. Ini bukan hanya Pemkot Tasikmalaya saja, tapi ini ulang tahun masyarakat Kota Tasikmalaya," ujar Cheka. 

"Hari ini harus gembira, warga Kota Tasikmalaya wajib gembira," sambungnya. 

Setiap peserta diberi kupon untuk diundi memperebutkan berbagai macam hadiah menarik. Mulai dari alat olah raga, barang elektronik hingga hadiah-hadiah hiburan.

Acara tambah meriah dengan tampilnya sejumlah group musik enerjik asal Kota Tasikmalaya yang bikin penonton terbawa hanyut berjingkrak-jingkrak.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut