get app
inews
Aa Read Next : Forum Gapoktan Kota Tasikmalaya Deklarasikan Dukungan pada Viman Alfarizi untuk Pikada 2024

BPBD Kota Tasikmalaya Distribusi Air Bersih 11 Tangki Per Hari Bantu Warga Terdampak Kemarau

Rabu, 25 Oktober 2023 | 15:49 WIB
header img
BPBD Kota Tasikmalaya Distribusi Air Bersih 11 Tangki Per Hari Bantu Warga Terdampak Kemarau. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Heru Rukanda

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Kota Tasikmalaya menghadapi tantangan kekeringan yang cukup serius, tetapi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya tidak tinggal diam. 

Mereka telah meluncurkan inisiatif luar biasa dengan mendistribusikan air bersih sebanyak 11 tangki setiap hari kepada warga yang terdampak kekeringan.

Ketidakcukupan pasokan air bersih merupakan masalah yang serius bagi banyak warga di beberapa wilayah Kota Tasikmalaya. 

Menyadari hal ini, BPBD Kota Tasikmalaya mengambil langkah cepat untuk memastikan bahwa kebutuhan dasar warga terpenuhi. Setiap harinya, sebanyak 11 tangki air bersih didistribusikan ke lokasi-lokasi yang membutuhkan.

Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah mengatakan, bahwa distribusi air bersih merupakan bagian dari upaya tanggap darurat untuk mengatasi masalah kekeringan. 

"Kami memahami betul bahwa air bersih adalah kebutuhan pokok. Dengan mendistribusikan air bersih setiap hari, kami berharap dapat meringankan beban warga yang terdampak kekeringan," ujar Cheka usai melepas tangki air bersih di Bale Kota Tasikmalaya, Rabu (25/10/2023).

Menurutnya, Tim BPBD Kota Tasikmalaya dan stakeholder terkait bekerja keras untuk memastikan bahwa air bersih sampai ke rumah-rumah warga yang membutuhkan. 

Mereka memantau kebutuhan harian dan merencanakan rute distribusi yang efisien untuk memastikan bahwa air bersih sampai tepat waktu.

Warga yang menerima bantuan air bersih sangat bersyukur dan menghargai upaya BPBD Kota Tasikmalaya untuk mendistribusikan air kepada warga terdampak musim kemarau. 

"Kami sangat berterima kasih kepada BPBD atas bantuan air bersih ini. Tanpa bantuan ini, kami akan mengalami kesulitan besar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," kata Ade, salah seorang warga yang menerima bantuan.

Selain mendistribusikan air bersih, BPBD juga melakukan sosialisasi tentang pengelolaan air yang efisien dan hemat. Mereka memberikan tips kepada warga tentang bagaimana menggunakan air dengan bijak, termasuk cara mengumpulkan air hujan dan teknik penyimpanan air yang baik.

Distribusi air bersih setiap hari ini merupakan contoh nyata dari kepedulian BPBD Kota Tasikmalaya terhadap kesejahteraan warganya. 

Dalam menghadapi tantangan kekeringan, solidaritas dan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat sangat penting. 

Semoga upaya ini terus memberikan manfaat dan menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk mengatasi masalah serupa dengan keberhasilan dan efisiensi.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut