Logo Network
Network

11 Rumah Warga Tasikmalaya Rusak Ditimpa Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang

Sazili Mustofa
.
Rabu, 26 Januari 2022 | 12:58 WIB
11 Rumah Warga Tasikmalaya Rusak Ditimpa Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang
Petugas bersama warga membersihkan pohon yang tumbang menimpa rumah warga di Kota Tasikmalaya.(Foto:BNPB)

TASIKMALAYA, iNews.id - Cuaca ekstrem kembali melanda sejumlah wilayah di Provinsi Jawa Barat (Jabar). Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang melanda Kota Tasikmalaya, Selasa (25/1/2022) sekitar pukul 14.00 WIB. Akibatnya, 11 rusak tertimpa pohon tumbang.

"Angin kencang juga menyebabkan kerusakan pada satu unit kantor pemerintah dan rumah ibadah, tidak ada korban jiwa akibat perisitiwa ini," ujar  Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D. dalam keterangan resminya yang diterima iNews.id, Rabu (26/1/2022). 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya bersama tim gabungan melakukan pembersihan material pohon tumbang yang menimpa rumah warga. 

Adapun angin kencang yang melanda Kota Tasiklamaya berdampak pada delapan kelurahan pada tiga kecamatan, meliputi Kelurahan Linggajaya di Kecamatan Mangkubumi, kemudian Kelurahan Nagarawangi, Agrasari, Tugujaya, Tuguraja, Setiaratu di Kecamatan Cihideung serta Kelurahan Nagarasari dan Cipedes di Kecamatan Cipedes. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan disertai kilat/petir pada siang hingga malam hari pada 26 hingga 27 Januari 2022 untuk wilayah Kota Tasikmalaya. Kajian inaRISK menunjukan potensi bahaya cuaca ekstrem pada wilayah Kota Tasikmalaya pada tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada 10 kecamatan.

BNPB mengimbau masyarakat dan aparat daerah setempat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca musim hujan yang masih akan berlangsung sampai Februari 2022 mendatang.

Untuk mengantisipasi dampak dari cuaca hujan dan angin kencang, aparat daerah setempat dapat melakukan pemotongan ranting maupun dahan rentan yang dapat menimpa rumah warga serta melakukan pemeriksaan berkala ketahanan rumah warga untuk mengurangi dampak kerusakan akibat cuaca ekstrem.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News

Bagikan Artikel Ini