get app
inews
Aa Read Next : Cek Lokasi dan Jadwal Samsat Keliling Kota Tasikmalaya Hari Ini, Senin, 6 Mei 2024

Kepala SMPN 14 Kota Tasikmalaya Minta Maaf Atas Beredarnya Konten Candaan Aksi Bullying Siswanya

Kamis, 28 September 2023 | 20:32 WIB
header img
Kepala SMPN 14 Kota Tasikmalaya minta maaf atas beredarnya konten candaan aksi bullying siswanya. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Kepala SMP Negeri 14 Kota Tasikmalaya meminta maaf atas beredarnya foto guyonan aksi bullying yang diposting dan viral di medsos.

"Kami memohon maaf atas beredarnya foto di medsos seolah siswa kami melakukan aksi bullying kepada temannya," kata Plh Kepala SMP Negeri 14, Fitri Gurnitasari, saat ditemui, Kamis (28/09/23).

Fitri menegaskan, pihaknya segera mengambil sejumlah langkah agar konten candaan tersebut tidak sampai meresahkan warga, terutama para orang tua.

"Para siswa yang terlibat pembuatan konten candaan tersebut agar melakukan klarifikasi di medsos untuk menjelaskan duduk persoalan sebenarnya," kata Fitri.

Para siswa yang terlibat dalam pembuatan konten tersebut juga sudah meminta maaf dan tak akan mengulangi lagi perbuatannya.

"Mereka sudah meminta maaf namun tetap kami beri pembinaan, tentang bahaya bermedsos walau hanya sekadar bercanda," ujar Fitri.

Pihak sekolah juga sudah melakukan pertemuan dengan para orang tua siswa bersangkutan, pihak Polsek Mangkubumi serta unsur Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya.

Kapolsek Mangkubumi, Iptu Ruhana Efendi, membenarkan bahwa foto viral aksi bullying di medsos tersebut hanya konten candaan sejumlah siswa.

"Betul, kasusnya sempat viral di medsos. Kami langsung melakukan penyelidikan, termasuk minta klarifikasi ke sekolah. Ternyata hanya candaan anak-anak," ujar Ruhana.

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Asep Rusyadi, meminta pihak sekolah lebih mengetatkan siswanya dalam penggunaan HP.

"Kurikulum saat ini memang membutuhkan HP untuk pembelajaran. Tapi penggunaannya tetap harus ketat, agar kasus konten candaan seperti ini tidak terulang," kata Asep.

Menurutnya, walau konten tersebut hanya guyonan namun bisa berdampak luar biasa karena temanya soal bullying yang sangat sensitif.

"Para orang tua diharapkan lebih mengawasi anak-anak dalam penggunaan HP. Dampak positifnya sangat luar biasa, tapi juga harus diingat dampak negatifnya pun tak kalah liar biasa," ujar Asep.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut