get app
inews
Aa Read Next : Cek Lokasi dan Jadwal Samsat Keliling Kota Tasikmalaya Hari Ini, Jumat, 17 Mei 2024

TPID Kota Tasikmalaya Gelar Operasi Pasar untuk Stabilkan Harga, Bulog Sediakan 10 Ton Beras

Selasa, 26 September 2023 | 09:25 WIB
header img
TPID Kota Tasikmalaya Gelar Operasi Pasar untuk Stabilkan Harga, Bulog Sediakan 10 Ton Beras. Foto: iNewsTasikmalaya.id

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tasikmalaya melaksanakan operasi pasar beras dengan mendistribusikan 10 ton beras Subsidi Pangan Harian Pokok (SPHP) ke Pasar Cikurubuk, Senin (25/9/2023). Tujuan dari distribusi beras ini adalah untuk menjaga stabilitas harga beras di pasar.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya Aswin Kosotali, menyampaikan, bahwa salah satu kunci dalam pengendalian inflasi adalah membuat harga kebutuhan pokok terjangkau. Oleh karena itu, TPID Kota Tasikmalaya telah bermitra dengan koperasi dan pedagang di Pasar Cikurubuk untuk menyelenggarakan operasi pasar.

"Dengan operasi pasar ini, harga beras medium sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp10.900 per kilogram dapat tersedia di kios beras pedagang pasar," ujar Aswin.

Ia menjelaskan, pendistribusian beras SPHP melalui operasi pasar beras ini dilakukan dengan meningkatkan mekanisme penyaluran yang melibatkan pedagang beras anggota koperasi pasar. Koperasi pasar memiliki tanggung jawab untuk melaporkan dokumen penjualan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas transaksi tersebut.

“Operasi pasar beras ini akan berlangsung selama lima hari, yaitu dari 25 hingga 29 September 2023 di Pasar Cikurubuk. Layanan akan tersedia pada pukul 09.00 WIB dan 13.00 WIB setiap harinya, agar transaksi dapat dipantau dengan baik,” ujarnya.

Agar penyerapan masyarakat lebih merata, lanjut Aswin, setiap pembeli hanya diizinkan membeli satu kantong beras SPHP senilai HET Rp54.500 per kantong isi lima kilogram. Warga dapat langsung membeli beras ini di Konter Beras SPHP dengan menunjukkan KTP.

"Pembeli akan menerima kupon SPHP yang bisa ditukarkan dengan beras SPHP di kios pedagang operasi pasar beras," ucapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut