get app
inews
Aa Read Next : Lahan Hutan dan Kebun Seluas 4 Hektar di Ciharalang Ciamis Hangus Terbakar

STIKes Muhammadiyah Ciamis Gelar Mastama: Adaptasi Mahasiswa Baru dan Pengenalan Lingkungan Kampus

Jum'at, 08 September 2023 | 13:13 WIB
header img
STIKes Muhammadiyah Ciamis Gelar Mastama: Adaptasi Mahasiswa Baru dan Pengenalan Lingkungan Kampus. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis telah sukses menyelenggarakan kegiatan Masa Ta'aruf Mahasiswa (Mastama) untuk tahun akademik 2023/2024. Kegiatan Mastama ini berlangsung di Gedung STIKes Muhammadiyah Ciamis (Mucis) mulai Senin (4/9/2023) hingga Jumat (8/9/2023) dengan tema "Mencetak Generasi Unggul dan Islami."

Mastama tahun ini diikuti oleh 70 mahasiswa S1, 31 mahasiswa D3 Keperawatan, 20 mahasiswa D3 Farmasi, 28 mahasiswa D3 Analis Kesehatan, dan 14 mahasiswa D3 Kebidanan. Selama 5 hari, mereka diberikan berbagai materi, salah satunya adalah pengenalan lingkungan Kampus STIKes Mucis.

Pihak penyelenggara tidak hanya menghadirkan pemateri dari internal kampus tetapi juga dari berbagai instansi luar, termasuk Polres Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, Dinas Kesehatan, Dinas P2KBP3A Kabupaten Ciamis, serta organisasi profesi seperti PPNI, IBI, PAFI, dan Patelki.

Ketua STIKes Muhammadiyah Ciamis, Nur Hidayat SKM., MM, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan Mastama adalah untuk memperkenalkan mahasiswa baru tentang peran Muhammadiyah dalam pendidikan tinggi serta bagaimana proses pembelajaran di kampus ini akan berlangsung.

"Kami ingin mengenalkan kepada mereka bagaimana dunia pendidikan di kampus yang berbeda dengan tingkat SMA atau SMK sederajat," kata Nur Hidayat, Jumat (8/9/2023).

Menurutnya, Mastama juga memiliki peran penting dalam mempercepat proses adaptasi mahasiswa baru di lingkungan kampus. Hal ini akan membantu mereka menjalani proses pendidikan selama 3 hingga 4 tahun ke depan dengan lebih lancar dan membantu mereka menggapai cita-cita.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut