get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Tasikmalaya Raih Penghargaan Terinovatif dalam Penyelamatan Pangan Lewat Program Bakul Tasik

Kebakaran Lahan Gambut di Kampung Gunung Mareme Tasikmalaya, Asal Mula Api Belum Diketahui

Selasa, 05 September 2023 | 08:51 WIB
header img
Kebakaran Lahan Gambut di Kampung Gunung Mareme Tasikmalaya, Asal Mula Api Belum Diketahui. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Kebakaran lahan gambut terjadi di Kampung Gunung Mareme, Kelurahan Cibunigeulis, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, Senin (4/9/2023) malam.

Kebakaran yang menghanguskan sebagian lahan gambut seluas tujuh hektare tersebut terjadi sekira pukul 18.00 WIB. Tiupan angin membuat kobaran api cepat membesar dan meluas hingga nyaris mendakati kawasan pemukiman warga.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Polsek Indihiang Polres Tasikmalaya Kota yang mendapati laporan adanya kebakaran langsung mendatangi lokasi dan medamamkan api. Dua unit damkar diterjunkan untuk memadamkan api

"Alhamdulillah, api cepat dipadamkan oleh petugas damkar dan BPBD," ucap Ketua RW 08 Gunung Mareme, Tira Marselia Sipa. 

Ia menyebut, lahan gambut tersebut merupakan lahan kosong bekas galian c yang berada di Kampung Gunung Mareme RT 04 RW 08. Tira menambahkan, lahan yang kondisinya kering akibat sudah lamanya tidak ada air hujan mengakibatkan api dengan cepatnya meluas ke lahan yang lainnya.

"Lahan gambut lahan kosong bekas galian c. Ada 4 titik, mungkin yang terbakar asa 1 hektaran. Yang paling besar itu di gunung, kalau yang ke sebelah kanan itu nyaris ke pemukiman. Karena kondisi lahan sendiri kering akibat kemarau sudah lama sekali," kata dia. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut