get app
inews
Aa Read Next : Dampak Gempa Bumi Garut, Gedung dan Rumah Alami Rusak Ringan hingga Parah di Tasikmalaya

Dinkes Kota Tasikmalaya Luncurkan Vaksin HPV dan RV, Cegah Diare serta Kanker Serviks pada Anak

Rabu, 09 Agustus 2023 | 23:55 WIB
header img
Dinkes Kota Tasikmalaya luncurkan Vaksin HPV dan RV. Foto: Kristian

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya meluncurkan dua jenis vaksin, yaitu Vaksin Baru melawan Human Papilloma Virus (HPV) dan Rotavirus (RV). Peluncuran dua vaksin terbaru itu dilakukan di Ballroom Hotel Amaris, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Rabu (9/8/2023).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tasikmalaya, dr. Uus Supangat mengatakan, dua imunisasi tersebut merupakan upaya pencegahan terjadinya kanker serviks pada perempuan dan RV yang dapat mencegah kematian akibat diare pada bayi.

"Selama ini, dua vaksinasi tersebut belum menjadi program wajib vaksinasi. Baru hari ini kita lakukan peresmian. Vaksin ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kekebalan tubuh anak. Sehingga ketika terinfeksi, bisa kebal dan tidak mudah terinfeksi," kata Uus, usai peluncuran Vaksin Baru HPV dan RV.

Uus menyebut, target untuk RV adalah balita usia 2, 3 dan 4 bulan, sebanyak 10.473 orang. Sementara, vaksinasi HPV untuk anak kelas 5 Sekolah Dasar (SD) sebanyak 6.318 orang. Selain itu, dikatakan Uus, vaksinasi ini akan dilakukan berkelanjutan serta dimasukan ke dalam program vaksinasi wajib.


 

"Jadi tidak selesai di sini. Nanti kan akan ada bayi baru, akan diberikan lagi. Rotavirus tiga kali, dan HPV dua kali pemberian. Selama ini, dua vaksinasi tersebut belum menjadi program wajib vaksinasi. Baru hari ini kita lakukan peresmian," jelas Uus.

"Ini menjadi wajib, karena virus makin berkembang secara keilmuan. Jadi baru diwajibkan sekarang," tambah dia.

Uus menjelaskan dari 32 kasus, ada empat yang meninggal karena kanker serviks di Kota Tasikmalaya. Artinya persentasenya cukup tinggi.

Sementara, virus itu juga bisa mengganggu proses reproduksi. Karena rahimnya bisa diangkat.

"Kita harapkan, tidak ada lagi ke depan yang terinfeksi, seperti polio," pungkas Uus.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut