Logo Network
Network

Gempa Magnitudo 5,2 Kembali Guncang Banten, Dirasakan di Jakarta dan Bogor

Binti Mufarida
.
Senin, 17 Januari 2022 | 10:25 WIB
Gempa Magnitudo 5,2 Kembali Guncang Banten, Dirasakan di Jakarta dan Bogor
ILustrasi bencana gempa bumi. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Gempa bumi M5,2 (sebelumnya M5,4) mengguncang Bayah, Banten, Senin (17/1/2022) pukul 07.25 WIB. Sejumlah warga di Bogor dan Jakarta dilaporkan turut merasakan guncangan. 

Hasil analisis BMKG menunjukkan pusat gempa bumi ini terletak pada koordinat 7,55 LS dan 105,83 BT. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 100 km arah barat daya Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 42 km. 

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno melaporkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi di zona subduksi.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” kata Bambang di Jakarta, Senin (17/1/2022).  

Bambang mengatakan guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Bayah, Pandeglang, Cikeusik, dan Panimbang dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu). 

Guncangan juga dirasakan di daerah Cikembar, Cireunghas, Pelabuhan Ratu, Sumur, Bogor, Jakarta Barat, Jakarta Selatan (Jaksel), dan Tambun dengan skala intensitas II–III MMI. 

Follow Berita iNews Tasikmalaya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.